Sukses

Penyakit Ini Penyebab Kesemutan

Kesemutan di tangan, kaki, atau keduanya merupakan gejala yang sangat umum, dan mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Kesemutan di tangan, kaki, atau keduanya merupakan gejala yang sangat umum, dan mengganggu. Kesemutan bisa mengakibatkan tekanan pada saraf ketika lengan Anda bengkok ke bawah kepala saat tidur, atau ketika menyilangkan kaki terlalu panjang.

Dalam kedua kasus tersebut, efek kesemutan -yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit- membuat lega. Namun dalam banyak kasus, kesemutan di tangan, kaki, atau keduanya bisa menjadi berat, episodik, atau kronis.

Hal ini juga dapat menjadi gejala lain seperti nyeri, gatal, mati rasa, dan atrofi otot. Kesemutan dapat menjadi tanda kerusakan saraf yang disebabkan karena cedera traumatik atau cedera stres yang berulang, infeksi bakteri atau virus, paparan racun, dan penyakit sistemik seperti diabetes.

Kerusakan saraf seperti ini dikenal sebagai neuropati perifer, karena memengaruhi saraf jauh dari otak, dan sumsum tulang belakang. Ada lebih dari 100 jenis neuropati perifer, dilansir laman Webmd, Jumat (19/8/2016).

Penyebab kesemutan di tangan dan kaki

Diabetes adalah salah satu penyebab paling umum dari neuropati perifer, terhitung ada sekitar 30 persen dari kasus. Pada neuropati diabetes, kesemutan dan gejala lain pertama berkembang di kedua kaki, kemudian diikuti kesemutan lainnya yang mempengaruhi kedua tangan. Gejala-gejala ini adalah tanda pertama dari diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Kesemutan adalah suatu sensasi abnormal yang dirasakan seseorang. Keluhan ini bisa terasa di bagian tubuh mana pun

    Kesemutan