Sukses

Ingin Berat Badan Turun? Bertemanlah dengan Orang-orang Langsing

Liputan6.com, New Delhi- Teman-teman dan lingkungan sosial rupanya mampu memengaruhi berat badan kita. Studi mendapati orang-orang gemuk cenderung lebih termotivasi menurunkan berat badan bila bergaul dengan orang-orang langsing.

Namun sayangnya, orang-orang gemuk tersebut lebih mengalami diskriminasi ketika ada keinginan untuk menurunkan berat badan bila bersama teman-temannya yang memiliki ukuran tubuh sama. Namun mereka lebih nyaman dengan orang-orang gemuk. 

Temuan menarik ini dipaparkan dalam jurnal Obesity yang melibatkan sekitar 9.000 orang berusia 18-65 tahun. Mereka ditanyai tentang hubungan pertemanan dan indeks massa tubuhnya selama setahun.

Seperti dikutip laman Times of India, Jumat (19/8/2016) mereka yang lebih sering bertemu dengan teman-temannya yang langsing, cenderung terjadi penurunan berat badan dalam waktu setahun.

"Frekuensi kontak langsung memainkan perang penting dalam hal ini. Interaksi antara orang gemuk dengan orang langsing sekitar 100 kali per tahun rupanya memengaruhi perubahan berat badan beberapa kilo," kata salah satu peneliti dari Baylor University, Texas Amerika Serikat, Matthew Anderson.