Sukses

Jangan Buang Ampas Kopi, Ini Manfaatnya

Namun ternyata, bukan hanya kafein yang bermanfaat dari kopi. Ampas atau bubuk kopi pun memiliki banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Kopi terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan memori, mengurangi stres, hingga mengatasi diabetes. Kandungan kafein dalam kopi membantu meredakan gejala depresi.

Namun ternyata, bukan hanya kafein yang bermanfaat dari kopi. Ampas atau bubuk kopi pun memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa cara kreatif memanfaatkan ampas kopi, dilansir dari laman Today, Jumat (19/8/2016):

1. Menyegarkan kloset

Kopi bisa dijadikan pewangi ruangan. Hancurkan biji kopi dan letakkan beberapa sendok di atas kain atau kertas kopi yang bisa digunakan ulang. Gantungkan kantong berisi biji kopi yang dihancurkan ini selama satu atau dua hari di kloset untuk menghilangkan bau tak enak.

Anda juga bisa meletakkan kantong berisi kopi di dalam sepatu yang berbau lembap, di lemari es, atau di dalam mobil.

2. Menghilangkan bau bawang putih dari tangan

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur penyedap makanan. Tapi baunya yang menyengat terkadang sulit dihilangkan dari tangan. Letakkan bubuk kopi dalam piring dekat bak cuci piring dan balurkan ke tangan setiap kali tangan bau karena ikan, bawang, atau pun bawang putih.

3. Menyuburkan tanaman

Anda bisa mencampurkan ampas kopi ke tanah untuk menyuburkan tanaman. Cara ini ampuh untuk menyuburkan beberapa jenis tanaman seperti mawar, azalea, rhododendron, kamelia, serta tanaman lain yang bersahabat dengan tanah yang asam.

4. Menghalau serangga

Lindungi tanaman Anda dari serbuan serangga dengan menaburi sekelilingnya dengan ampas kopi. Ini akan melindungi tanaman dari semut, siput, dan keong. Anda pun bisa menaburkan bubuk kopi di lokasi lainnya agar terhindar dari serangga lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.