Sukses

Tips Memilih Roti yang Sehat

Lantas, bagaimana cara memilih roti yang sehat?

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar, roti tawar putih tidak sehat. Selain karena tidak ada nutrisi, mengonsumsi roti tawar putih berlebihan bisa memicu lonjakan gula darah.

Lantas, bagaimana cara memilih roti yang sehat?

1. 100 persen gandum utuh

Penulis The Small Change Diet, Keri Gans, R.D.N., C.D.N mengatakan, Anda bisa makan roti selama itu produk gandum. Tapi biasanya roti ini tidak begitu enak. Setuju? Jangan panik.

"Gandum ini kuncinya. Ketika ada roti lain dengan bahan  barley, beras merah atau rami untuk rasa yang berbeda, tapi semua nutrisi yang sama. Tapi intinya cari roti yang 100 persen gandum utuh," katanya, seperti dikutip Menshealth, Jumat (19/8/2016).

2. Tak ada pemanis buatan

"Tidak adanya rasa buatan, warna, dan pengawet, penting juga," kata juru bicara Arnold Bread, Cavuto. 

Menurut Cavuto, belajar membaca label makanan atau paling tidak mencari artinya di Google bila Anda tidak mengerti.

3. Fokus pada serat

Selain membuat perut cepat kenyang, serat membantu mendorong gerakan usus yang sehat, dan meningkatkan kesehatan usus. "Lihat berapa banyak gram serat per potong roti. Dan idealnya, Anda akan menginginkan sesuatu yang lebih dari tiga gram," kata Gans.

Serat berasal dari endosperm (jaringan cadangan makanan) yang tersisa utuh dalam biji-bijian. Menurut Dietary Guidelines AS, Anda bisa mengonsumsi sekitar 30 gram serat per hari, dan setengah dari asupan gandum harian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini