Sukses

Raih Manfaat Jalan Kaki 10 Menit Setiap Hari

Melakukan aktivitas fisik semudah dan sederhana seperti berjalan kaki mampu pangkas risiko penyakit jantung. Simak penjelasan selengkapnya.

Liputan6.com, New York- Tak perlu mengeluh setiap kali menaiki jembatan penyeberangan ketika menuju kantor atau sekolah. Memang tubuh akan jadi sedikit lelah dan ada keringat yang keluar. Namun langkah kecil kaki selama beberapa menit sehari rupanya mampu meningkatkan kesehatan Anda.

Mari kita lihat satu per satu manfaat jalan kaki selama dua, lima, dan 10 menit per hari berikut seperti dikutip laman Prevention, Rabu (7/6/2017).

- Jalan kaki dua menit per jam

Melangkahkan kaki hanya 120 detik per jam rupanya mampu membuat seseorang jadi panjang umur.

Individu yang berjalan kaki dua menit setiap jam, risiko mati muda turun hingga 33 persen dibandingkan orang yang hanya duduk saja. Hal ini dituliskan dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology.

Mengambil minum, menyapa teman beda divisi, melihat pemandangan bisa Anda lakukan.

- Jalan kaki lima menit per jam

Sekitar delapan jam waktu kita dihabiskan untuk tidur. Sisanya, yakni sekitar 16 jam kita habiskan untuk beraktivitas.

Setiap jam dari 16 jam yang kita miliki sebaiknya jangan dihabiskan hanya dengan aktivitas pasif. Beri jeda sekitar lima menit tiap jamnya untuk berjalan kaki atau bergerak aktif.

Menurut studi dari University of Utah, dengan cara ini kita bisa membakar 1000 kalori per minggu.

- Jalan kaki 10 menit per hari

Duduk selama enam jam akan membatasi aliran darah ke kaki. Hal ini amat bahaya karena berpotensi meningkatkan penyakit arteri, serangan jantung dan stroke. Untuk mengatasi hal ini, rutinlah berjalan kaki 10 menit setiap hari. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.