Sukses

9 Praktik Medis Kuno yang Masih Ada Hingga Kini

Ada beberapa praktek medis kuno yang masih digunakan sampai sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Dalam fashion, segala sesuatu yang lama bisa menjadi baru lagi. Tapi itu tidak selalu terjadi di kedokteran, bidang kelimuan ini terus mencari metode paling modern dan teknik-teknik canggih untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Namun, tahukah Anda, ada beberapa praktik medis kuno yang masih digunakan sampai sekarang. Pendekatan medis ini telah dikenal sejak abad pertengahan. Mungkin terdengar seperti praktik "barbar", namun penelitian telah menunjukkan, metode ini benar-benar efektif, dan memiliki penggunaan medis yang sah.

"Prosedur medis dan obat kuno perlu dipahami dalam konteks sejarah, kata seorang internis di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan direktur Pusat untuk Sejarah Kedokteran di Perpustakaan Countway di Harvard Medical School di Boston, Dr. Scott Podolsky.

Berikut adalah sembilan contoh perawatan medis kuno yang memiliki modern relevansi, sekaligus penjelasan mengapa dokter dapat beralih ke pendekatan yang lebih tua, seperti dikutip Live Science, Kamis (17/8/2016):

1. Terapi racun lebah

Bee venom therapy ini melibatkan pasien yang rela disengat lebah madu hidup, atau disuntik dengan racun lebah. Kembali ke zaman Yunani kuno, ketika Hippocrates konon percaya pada nilai obat dari racun lebah untuk meringankan arthritis dan masalah yang berhubungan lainnya, menurut American Apitherapy Society.

(Apitherapy mengacu pada semua terapi medis terkait yang didasarkan pada produk lebah, termasuk racun lebah, madu atau serbuk sari).

Alasan itu dapat membantu karena racun lebah mengandung melittin, bahan kimia yang dianggap memiliki sifat anti-inflamasi, menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Molekul 2016.

Meskipun terapi sengat lebah dipromosikan untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak arthritis dan untuk mencegahnya kambuh, kelelahan dan kecacatan pada orang dengan multiple sclerosis, ada kurangnya bukti ilmiah efektivitas untuk dua kondisi ini, dan itu tidak disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk penggunaan ini.

Tidak hanya karena penelitian terhadap manfaatnya terbatas, tetapi pengobatan itu sendiri dapat membahayakan beberapa orang.

Sebuah studi review oleh para peneliti di Korea Selatan yang diterbitkan pada tahun 2015 dalam jurnal PLOS ONE menyimpulkan bahwa orang sering mendapatkan reaksi negatif terhadap terapi racun lebah. Risiko dapat berkisar dari reaksi kulit ringan dan nyeri di area yang tersengat dari reaksi anafilaksis yang mengancam jiwa pada orang yang mungkin alergi terhadap racun, menurut penelitian.

Akhir-akhir ini, terapi racun lebah lebih sering digunakan di Asia, Eropa Timur dan Amerika Selatan daripada di AS, di mana ia dianggap sebagai terapi pengobatan alternatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Terapi Belatung

2. Terapi belatung

Dibandingkan dengan pengobatan lain yang dijelaskan dalam artikel ini, terapi belatung ini cukup baru, yang telah digunakan hanya sekitar 100 tahun lalu, kata seorang dokter penyakit dalam dan direktur BioTherapeutics, Pendidikan dan Research Foundation di Irvine, California, Dr. Ronald Sherman.

Pengobatannya berupa menerapkan bayi lalat hidup, atau belatung pada luka. Ahli bedah militer pertama mengamati belatung ini. Dia menemukan hewan ini menjadi bermanfaat ketika tentara yang masih di medan perang terluka. Untuk menyembuhkan lebih cepat, lalat diizinkan untuk bertelur pada luka mereka.

Pada 1928, seorang dokter Johns Hopkins mengembangkan cara untuk menumbuhkan belatung medis dan membuat mereka bebas kuman sebelum digunakan dalam pengobatan. Pada 2004, FDA mengeluarkan izin yang memungkinkan belatung dipasarkan untuk penggunaan medis pada luka yang lambat untuk disembuhkan, seperti ulkus kaki diabetik dan luka tidur.

Dalam penelitian, belatung dapat digunakan untuk borok kaki kronis, luka pascaoperasi dan luka bakar akut. Terapi belatung dilakukan dengan menerapkan belatung ke permukaan luka dan menutupinya dengan kassa untuk sekitar dua hari.

"Makhluk lapar menyekresikan enzim pencernaan yang dapat larutkan luka jaringan mati dan terinfeksi, sebuah proses yang dikenal sebagai debridement," kata Sherman.

Penggunaan terapi belatung menurun pada 1950-an dengan ketersediaan luas antibiotik, namun kembali muncul pada abad ke-21 dengan kenaikan resistensi antimikroba dan luka yang sulit diobati.

"Belatung sangat baik untuk menyingkirkan daging yang membusuk. Tapi satu rintangan pengobatan ini yaitu 'menjijikan'. Sebab budaya kita menyamakan belatung dengan kematian, kotoran anjing dan sampah bau," kata Sherman.

3 dari 9 halaman

Terapi Lintah

3. Terapi Lintah

Lintah cacing primitif (Hirudo medicinalis) dilengkapi dengan pengisap di bagian depan dan ujung belakang dengan gigi yang dapat menghisap darah, kata Sherman. Kualitas ini berguna untuk praktik medis yang butuh menghilangkan darah dari tubuh.

"Pada abad ke-21, FDA telah mengizinkan penggunaan lintah medis untuk suatu kondisi yang disebut kongesti vena, di mana di daerah tertentu dari tubuh, pembuluh darah tidak dapat memompa kembali ke jantung," kata Sherman.

Kongesti vena dapat terjadi setelah operasi untuk memasang kembali anggota tubuh, seperti jari atau telinga, misalnya, atau rekonstruksi pembedahan besar lainnya, seperti payudara.

"Lintah dapat mengekstrak volume yang signifikan dari darah dari luka operasi dalam waktu singkat, sekitar 45 menit, yang memungkinkan lebih banyak oksigen untuk mencapai lokasi. Selain itu, air liur dari lintah mengandung zat-zat dengan sifat antikoagulan, yang berarti mereka dapat mencegah darah dari pembekuan, tambahnya," ujarnya.

Salah satu risiko utama dari terapi lintah adalah anemia, atau hilangnya terlalu banyak zat besi. Risiko infeksi karena lintah menggigit kulit seseorang juga bisa terjadi.

4 dari 9 halaman

Buang darah


4. Bloodletting (buang darah)

Alasan paling umum untuk membuang darah, yang sekarang disebut proses mengeluarkan darah terapeutik, adalah hemochromatosis, kelainan genetik yang disebabkan oleh kelebihan beban zat besi dalam tubuh.

Ketika terlalu banyak zat besi terakumulasi, hal itu bisa menjadi racun bagi hati, jantung, pankreas dan sendi.

Untuk membersihkan tubuh dari zat besi ekstra dengan proses mengeluarkan darah terapeutik, dokter menggunakan jarum untuk mengeluarkan darah seliter atau lebih dari pasien, sekali atau dua kali seminggu selama beberapa bulan atau lebih, hingga tingkat feritinnya (protein yang mengandung zat besi) jatuh ke dalam rentang sehat, jelas Podolsky dari Massachusetts General.

Terapi Phlebotomy adalah pengobatan yang sangat efektif untuk hemochromatosis. Versi modern dari cuci darah mirip dengan ide pada abad ke-18. Saat itu muncul gagasan jika tubuh kelebihan zat besi, dan menghilangkan darah dapat menurunkan kadar zat besi berlebih dan membantu pasien, katanya.

Tapi kesamaan perawatan hari ini dengan teknik tersebut berakhir pada abad ke-18. Saat itu, darah dikeluarkan untuk mengembalikan keseimbangan dalam tubuh dan seharusnya membantu meringankan berbagai penyakit . Tapi efek samping yang paling umum dari teknik ini untuk mengobati hemochromatosis termasuk perasaan lelah dan menjadi anemia jika terlalu banyak darah ditarik serta kemungkinan infeksi.

5 dari 9 halaman

Terapi Kejut Listrik

5. Terapi kejut listrik

Meskipun tidak dianggap kuno karena pertama kali dikembangkan pada akhir 1930-an dan diperkenalkan di Amerika Serikat sekitar satu tahun kemudian, terapi kejut listrik atau electroconvulsive (ECT) mungkin telah mendapatkan reputasi modern sebagai pengobatan barbar ketika terkenal digambarkan dalam film "One Flew Over The Cuckoo's Nest" dan diberikan pada karakter Jack Nicholson.

ECT melibatkan arus listrik melalui otak, baik dengan menanamkan elektroda di otak atau menempatkan elektroda pada kulit kepala, menurut National Institute of Mental Health. Terapi ini mungkin telah mengembangkan reputasi negatif dari penggunaan masa lalu ketika terapi ini telah digunakan tapi dianggap tidak manusiawi, dengan dosis tinggi listrik, tanpa anestesi, dan lebih banyak sesi pengobatan saat itu daripada yang diberikan hari ini.

Pasti ada stigma yang melekat pada terapi electroconvulsive. Dan banyak orang mungkin takut bahkan di saat ini. Tapi dalam kedokteran modern, ECT digunakan untuk mengobati orang-orang dengan depresi berat yang belum membaik dengan obat atau perawatan lainnya.

Hari ini, ECT dilakukan di bawah anestesi umum dan biasanya diberikan tiga kali seminggu selama tiga sampai empat minggu. Pengobatan mempengaruhi kimia otak dan sel-sel saraf, dan dapat menghasilkan perubahan suasana hati, tidur dan nafsu makan, menurut informasi tentang ECT dari University of Health System Michigan Department of Psychiatry. Efek samping yang paling umum dari ECT adalah kehilangan memori, kebingungan, sakit kepala dan mual.

6 dari 9 halaman

Lobotomi

6. Lobotomi untuk gangguan obsesif-kompulsif

Lobotomi adalah perawatan bedah kontroversial untuk beberapa bentuk penyakit mental, termasuk skizofrenia, depresi manik dan gangguan bipolar, yang menjadi populer di akhir 1930-an dan tetap digunakan stabil sampai sekitar pertengahan 1950-an.

"Dalam beberapa kasus, operasi itu tidak digunakan untuk orang-orang dengan keterbelakangan mental, sakit kepala kronis dan kecemasan," menurut sejarawan medis yang menulis editorial pada lobotomi diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada 2005.

Selama lobotomi, dokter mengebor lubang kecil di tengkorak seseorang yang bertujuan untuk memutuskan serabut saraf di otak yang menghubungkan lobus frontal, daerah yang mengontrol pemikiran, dengan daerah otak lainnya. Prosedur ini dianggap membantu meningkatkan perilaku abnormal seseorang, yang biasa digunakan di rumah sakit jiwa selama 1940-an dan awal 1950-an untuk menenangkan pasien, kata Podolsky.

Pada pertengahan 1950-an, dengan munculnya obat antipsikotik, obat yang lebih efektif untuk penyakit mental, lobotomi tidak lagi dibutuhkan. Saat ini, gelombang baru psychosurgeries sedang dilakukan di beberapa rumah sakit, dan meskipun prosedur ini dianggap kontroversial seperti lobotomi, mereka mungkin lebih tepat dalam menargetkan jaringan otak yang menyebabkan gejala abnormal, menurut sebuah studi review psychosurgeries diterbitkan pada tahun 2005 dalam jurnal Brain Research.

Salah satu operasi otak ini dikenal sebagai cingulotomy yang digunakan untuk mengobati orang dengan gangguan obsesif kompulsif parah. Selama cingulotomy, dokter menghancurkan sejumlah kecil jaringan otak yang dianggap sumber keabnormalan.

7 dari 9 halaman

Pisau batu

7. Pisau obsidian

Di Zaman Batu, pisau bedah dengan pisau yang terbuat dari batu yang disebut obsidian, atau gelas vulkanik, yang digunakan untuk lubang bor ke dalam tengkorak. Instrumen medis memiliki ujung tombak yang sangat tajam, dan hari ini pisau obsidian masih digunakan dalam beberapa situasi.

Tapi alat obsidian mahal dibandingkan dengan pisau bedah stainless-steel. Hanya beberapa produsen yang membuatnya.

Pisau obsidian dikatakan setidaknya 100 kali lebih tajam dari pisau bedah stainless-steel dan ada beberapa bukti bahwa pemotongannya membuat sembuh lebih cepat dengan lebih sedikit jaringan parut. Tapi pisau obsidian juga sangat tipis dan rapuh, dan ahli bedah tidak dapat menerapkan jumlah yang sama dari kekuatan untuk alat pemotong ini sebagai pisau bedah baja atau itu bisa hancur dan potongannya bisa tertinggal ke dalam luka.

Maka dari itu, pisau Obsidian tidak disetujui FDA untuk digunakan di AS, meskipun sejumlah kecil ahli bedah di negara -negara lain menggunakannya, sering untuk prosedur yang sangat halus di area sensitif seperti kosmetik.

8 dari 9 halaman

Bedah seperti zaman batu

8. Trepanning

Trepanation adalah prosedur bedah yang dikenal tertua, dan kembali ke Zaman Batu. Ini melibatkan membuat lubang di tengkorak seseorang. Trepanning mungkin telah dilakukan dalam peradaban kuno untuk menyingkirkan orang dari roh-roh jahat diyakini menyebabkan penyakit, atau untuk mengobati kondisi seperti sakit kepala parah, epilepsi, kejang, cedera kepala dan infeksi.

Sebuah versi dari trepanation dilakukan oleh ahli bedah saraf untuk alasan yang sangat berbeda hari ini, kata Podolsky. Saat ini, ahli bedah menggunakan teknik dan alat yang berbeda untuk pengeboran lubang kecil di tengkorak (tapi bukan ke otak itu sendiri) ketika ada perdarahan internal karena trauma, seperti dari kecelakaan mobil.

Trepanning juga dapat digunakan untuk hematoma subdural, pendarahan antara penutup dari otak dan otak itu sendiri, yang biasanya dapat terjadi setelah dewasa yang lebih tua menderita cedera kepala ringan, atau ketika stroke telah terjadi.

Penggunaan trepanning modern dapat membantu mengurangi tekanan intrakranial di dalam tengkorak, kata Podolsky. Efek samping dari prosedur termasuk cedera pada otak, serta risiko umum dari operasi, seperti pendarahan dan infeksi, katanya.

9 dari 9 halaman

Kaldu tinja kering

9. Kaldu tinja kering

Seorang dokter Cina abad keempat memiliki ide memberikan suspensi yang berisi tinja kering dari orang yang sehat melalui mulut sebagai pengobatan untuk seseorang dengan diare berat atau keracunan makanan. Obat ini mungkin merupakan upaya kuno atas apa yang sekarang disebut "transplantasi mikrobiota tinja."

Pada abad ke-16, dokter Cina lain yang menggunakan "sup kuning," kaldu yang berisi tinja kering atau fermentasinya dari orang sehat sebagai pengobatan untuk diare parah, muntah, demam dan konstipasi, klaim beberapa sumber.

Hari ini, transplantasi tinja, juga disebut transplantasi mikrobiota tinja, atau FMT, tidak dilakukan dengan memakan "sup kuning" melainkan dengan transfer tinja dari pendonor yang sehat untuk orang sakit dan diberikan oleh enema atau dimasukkan melalui selang ke dalam perut seseorang atau usus kecil, sebuah proses yang memperkenalkan campuran bakteri yang sehat untuk mengembalikan mikroba yang lebih baik dalam menyeimbangkan usus.

"Transplantasi Tinja" dapat digunakan untuk mengobati orang dengan infeksi Clostridium difficile (C.diff) berulang, infeksi bakteri yang dapat mengancam jiwa. Gejala-gejala orang yang menerima FMT lebih baik dalam beberapa hari, meskipun bakteri usus mereka mungkin mengalami perubahan yang dramatis untuk setidaknya tiga bulan setelah prosedur, menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada bulan Mei di Digestive Disease Week, pertemuan penelitian sistem pencernaan di San Diego.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini