Sukses

6 Cara Kilat Atasi Lidah Terbakar

Enam cara ini mampu menangani lidah terbakar akibat makanan dan minuman panas.

Liputan6.com, Jakarta Saat terburu-buru melahap makanan atau menyeruput minuman panas, seketika lidah akan terasa seperti terbakar bahkan bisa berujung pada kondisi melepuh. Pada kondisi ini lidah mendadak mati rasa dan semua makanan terasa hambar dan lidah menjadi kasar.

Tak sedikit dari individu yang mengalami hal ini hanya membiarkan rasa panas dii lidah mereda sendirinya. Padahal ada beberapa cara kilat untuk meredakan kondisi ini, seperti dikutip laman Boldsky, Rabu (17/8/2016) berikut penanganan kilat berbahan alami untuk lidah terbakar.

1. Isap es batu. Penanganan kilat pada lidah terbakar adalah dengan menempatkan es batu di bagian lidah yang terkena makanan atau minuman panas.

2. Makan gula. Buliran gula dapat memberikan bantuan kilat saat lidah terpapar makanan dan minuman panas. Gula juga bekerja efektif menyembuhkan luka bakar lebih cepat.

3. Berkumur air dingin. Jika tak sempat mengambil kedua bahan tersebut--segera ambil air dingin dan kumurlah. Hal ini membantu cepat meredakan rasa sakit pada lidah terbakar.

4. Yoghurt. Yoghurt kaya akan antioksidan dan vitamin B5 akan bekerja cepat memberikan efek pendinginan pada lidah terbakar dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Oleskan madu. Madu dikenal bersifat anti-inflamasi, anti-oksidan dan anti-jamur, madu memberikan efek menenangkan lidah terbakar dengan cepat.

6. Oles pasta gigi mint. Mengambil sejumput pasta gigi mint lalu mengoleskannya di atas area yang terbakar dipercaya memberikan efek pendinginan. Biarkan hingga kering dan kemudian bilas dengan air dingin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.