Sukses

4 Camilan Sehat untuk Cegah Makan Terlalu Banyak

Berikut ini adalah makanan ringan menurut ilmu pengetahuan yang dapat mencegah Anda makan terlalu banyak, walau hanya dengan porsi kecil

Liputan6.com, Jakarta- Jika Anda tidak bisa menunggu hingga waktu makan berikutnya akibat mulut yang ingin terus-menerus mengunyah, maka coba konsumsi makanan-makanan ringan yang dapat meredam rasa lapar ini.

Dilansir dari Time, Rabu (17/8/2016), berikut makanan ringan menurut ilmu pengetahuan yang dapat mencegah Anda makan terlalu banyak meski hanya dengan porsi kecil:

1. Kacang pistachio

Memakan kacang pistachio pada orang dewasa yang sehat dan mereka yang menderita metabolik seperti diabetes, dapat membantu mencegah lapar sambil mendukung respon insulin.

Bahkan satu studi 2015 menemukan bahwa seseorang yang menambahkan kacang pistachio dalam dietnya selama 10 minggu, memiliki tingkat asam lemak darah yang sehat. Karena kacang ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

2. Bayam

Menurut sebuah studi 2015 dari peneliti Swedia, membran tanaman yang dikemas dalam bayam dan sayuran hijau lainnya, yang disebut dengan thylakoids, meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis. Namun dianjurkan untuk tidak merebus bayam, karena akan melumpuhkan tiga perempat dari kandungan gizinya.

3. Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan pertama yang ahli diet sebut, karena kaya dengan kandungan serat yang memperlambat pencernaan dan protein. Selain itu juga dapat mengekang rasa lapar Anda.

Bahkan sebuah studi 2016 yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, untuk mereka yang tidak sedang menurunkan berat badan, menambahkan kacang dalam dietnya dapat memberikan hasil berat badan yang berkurang.

4. Jahe

Ada beberapa data kuat yang menyarankan, bahwa jahe mengandung capsaicin, dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda sekaligus mengurangi nafsu makan.

5. Telur

Telur rebus mungkin menjadi camilan paling mengisi perut di planet ini. Selain itu telur adalah sumber lengkap dari amino protein.

6. Popcorn

Percaya atau tidak, popcorn kaya antioksidan dan pengisi perut. Selain itu, meskipun semangkuk kecil popcorn sebagian besar berisi udara, pemandangan tersebut menipu otak Anda menjadi percaya bahwa Anda memiliki camilan yang besar. Sehingga lapar pun dapat dicegah dengan makanan ringan ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini