Sukses

Minum 2 Cangkir Kopi Setiap Hari Kurangi Risiko Depresi

Tak hanya bisa membantu mengatasi diabetes serta beberapa tipe kanker, kopi pun bisa meningkatkan ingatan serta mengurangi stres.

Liputan6.com, Jakarta Banyak studi telah mengungkap manfaat kopi bagi kesehatan. Tak hanya bisa membantu mengatasi diabetes serta beberapa tipe kanker, kopi pun bisa meningkatkan ingatan serta mengurangi stres. Bahkan menurut studi yang dimuat dalam World Journal of Biological Psychiatry, kopi bisa menyelamatkan nyawa. Bagaimana bisa?

Melansir laman Glamour, Selasa (16/8/2016), para peneliti di Harvard menganalisis data dari 200 ribu orang dalam tiga survei nasional yang berbeda. Para peneliti melihat seberapa banyak kopi dan kafein dalam sajian lain yang dikonsumsi para partisipan setiap empat tahun. Peneliti juga mempelajari sertifikat kematian para partisipan dan menemukan 277 di antaranya meninggal akibat bunuh diri.

Uniknya, ada korelasi yang kuat antara penyebab kematian dengan konsumsi kopi. Individu yang minum dua hingga empat cangkir kopi setiap hari memiliki kemungkinan lebih sedikit untuk melakukan bunuh diri. Penulis studi meyakini hal itu disebabkan oleh asupan kafein dari kopi. Sementara orang yang tidak mendapat asupan kafein tidak mendapatkan manfaat tersebut.

Meski seseorang tidak berisiko bunuh diri, temuan ini menyatakan bahwa kopi bisa mengurangi gejala depresi sehingga masuk akal jika kopi bisa memicu pelepasan endorfin seperti obat antidepresan. Bahkan tudi yang dilakukan oleh Harvard tersebut menunjukkan, wanita memiliki 15 persen lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan depresi bila meminum setidaknya dua cangkir kopi setiap hari dan persentasenya meningkat menjadi 20 persen jika minum empat cangkir kopi per hari.

Sudahkah Anda meminum kopi pagi ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini