Sukses

Perlukah Menunggu 1 Jam untuk Berenang Setelah Makan?

Liputan6.com, Jakarta Bolehkah Anda makan sebelum berenang? Berapa lama baiknya memberi jeda berenang setelah makan? Pertanyaan-pertanyaan itu kerap memenuhi benak saat kita akan melakukan olahraga renang.

Benarkah kita harus menunggu satu jam sebelum menceburkan diri ke kolam renang setelah makan? Dr Manny menjawab pertanyaan ini melalui laman Foxnews, Senin (15/8/2016). Menurutnya, memang diperlukan jeda untuk berenang setelah makan, tetapi tidak perlu menunggu hingga 60 menit.

Proses pencernaan makanan memang mengalihkan aliran darah ke perut dan menjauh dari otot-otot Anda. Saat tubuh melakukan aktivitas fisik, jantung memompa darah ke otot sehingga aliran ke perut bisa jadi berkurang.

Teori yang menyebutkan harus menunggu hingga 60 menit sebelum berenang bisa jadi dikaitkan dengan fakta tanpa suplai darah yang cukup, otot perut bisa mengalami kram karena kurang pasokan oksigen. Hal ini bisa menyebabkan seseorang tenggelam.

Kabar baiknya, belum pernah ada yang melaporkan seseorang meninggal tenggelam akibat berenang dengan kondisi perut penuh. Kemungkinan besar, Anda lebih berisiko mengalami sakit perut. Jika merasa sakit perut saat berenang, Anda hanya perlu naik dari kolam dan beristirahat sebentar.

Sementara, ahli gizi dari English Institute of Sport, Kathryn Brown, menyarankan untuk menunggu dua sampai empat jam mulai berenang setelah makan. Ini untuk mencegah mual, meningkatnya asam lambung, atau mulas saat berenang.

Artikel Selanjutnya
4 Trik Agar Tak Malas Bangun Pagi
Artikel Selanjutnya
Malas Berolahraga? Cara ini Dijamin Bikin Anda Semangat!