Sukses

6 Cara Bantu Orang yang Disayangi Saat Cemas

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang Anda sayangi sedang berurusan dengan kecemasan, terlihat tak berdaya. Namun, Anda dapat membantu menenangkannya. 

Jangan berkata "tidak usah khawatir" karena kalimat tersebut tidak membantu sama sekali. Dilansir dari womensday, Minggu (14/8/2016), berikut adalah cara yang tepat untuk membantu seseorang yang Anda sayangi ketika sedang cemas, sesuai anjuran dari psikolog:

1. Dengarkan

Terkadang sulit untuk mengerti seseorang merasa begitu cemas terhadap sesuatu. Pastikan untuk tidak mengajukan pertanyaan dan benar-benar mendengarkan mereka. Karena hal ini dapat membuat mereka merasa lebih tenang.

2. Sabar

Banyak orang dengan rasa cemas, cenderung langsung menarik kesimpulan yang bisa saja negatif, sehingga hal ini dapat menyebabkan mereka berpikir bahwa orang yang mereka cintai tidak senang atau marah.

Alih-alih frustasi dan jengkel olehnya, Anda harus sabar, serta mencari waktu yang tepat untuk berbicara secara tenang dan menemukan solusi yang dapat diterapkan untuk menenangkannya. 

3. Jangan meremehkan

Mengatakan “jangan khawatir” atau “sudah, tidak usah dipikirkan” pada seseorang yang sedang cemas, bukan suatu ide yang baik. Sama seperti ketika Anda sedang merasa sedih dan ingin orang lain bersimpati, hal ini juga yang dirasakan oleh mereka yang menderita kecemasan.

Sebagian besar penderita tahu bahwa ketakutan dan kekhawatiran mereka kadang tidak rasional, tetapi mereka juga tidak perlu mendengar Anda memberitahukan hal itu lagi dan lagi. Sebaliknya, lebih baik dengarkan mereka dan biarkan rasa cemasnya hilang sendiri. 

4. Temani mereka

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of Oxford menemukan, bergaul dengan teman-teman atau orang yang Anda sayangi dengan kecemasan atau kekhawatiran, dapat meningkatkan kadar endofinnya. Sehingga hal ini dapat membuat seseorang yang cemas merasa bahagia dan dapat mengalihkan kekhawatiran mereka.

Jadi, jika teman atau orang yang Anda sayangi sedang cemas, coba tanya mereka apakah mereka ingin melakukan sesuatu yang mungkin bisa meredakan rasa cemas yang berlebih. 

5. Jangan “mendorong” mereka terlalu keras

Salah satu masalah dengan kecemasan, dapat membuat orang tersebut merasa benar-benar lelah. Jika teman atau orang yang Anda sayangi sedang dilanda kecemasan, baik secara fisik maupun mental, tentu saja sangat melelahkan. Sangat penting untuk diingat, jika Anda mencoba membuat mereka melakukan suatu yang lebih aktif, terkadang mereka bisa terlalu lelah dan tidak berdaya, bukan karena tidak mau melakukan. 

6. Jaga diri Anda juga

Jika Anda banyak menghabiskan waktu dengan seseorang yang memiliki kecemasan, terkadang hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda sendiri. Sehingga, ketika Anda mulai merasa kewalahan dan stres, pastikan untuk meluangkan waktu melakukan sesuatu yang Anda sukai.

Karena jika Anda sedang merasa stres di sekitar orang yang gelisah dan cemas, hal ini juga akan membuat mereka stres sebagai hasilnya. Sehingga hal ini bisa menjadi rantai yang tidak sehat untuk Anda berdua.

Artikel Selanjutnya
5 Hal Sederhana yang Jadi Ribet Saat Sedang Panik
Artikel Selanjutnya
Jahuhi 5 Tipe Teman yang Membuat Anda Hidup Menderita