Sukses

Berenang Saat Haid Bantu Cegah Kram Perut?

Berenang saat haid sangat dilarang

Liputan6.com, London - Sejumlah wanita berpikir, berenang saat haid sangat dilarang. Selain dapat mengotori kolam renang, kontaminasi air dianggap bisa memicu gangguan kesehatan bagi wanita. Benarkah?

Juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists (RCOG), Janice Rymer, membatahnya. Menurutnya, selama haid wanita tidak dilarang untuk berenang. Selama mereka menggunakan tampon atau menstrual cup, olahraga ini aman dilakukan. Bahkanlatihan intensitas rendah seperti renang ini dinilai bisa mengurangi kram.

"Yang tidak boleh itu ketika wanita tidak menggunakan apapun saat menstruasi. Jelas, karena darah dapat menyebar di dalam air. Tapi selebihnya, berenang tidak akan membuat air kotor atau tidak aman," katanya, seperti dimuat Metro, Sabtu (13/8/2016).

Rymer menekankan, darah haid itu tidak kotor selama wanita bisa menjaga kelembapan tampon. Darah haid juga tidak beracun sehingga orang lain tidak akan meninggal saat ada yang terkena darahnya. 

Meski begitu, kata dia, pilihan untuk berenang selama haid memang agak menjijikkan. Namun Anda bisa melakukan beberapa cara bila tetap ingin latihan, semisal, minum pil untuk menunda haid atau menundanya hingga haid selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini