Sukses

Sosok Kakek Inspiratif, Jadi Model di Usia 79 Tahun

Di saat semua lansia menghabiskan sisa hidupnya di kampung atau panti jompo, tidak demikian dengan Wang Deshun.

Liputan6.com, Jakarta Di saat semua lansia menghabiskan sisa hidupnya di kampung atau panti jompo, tidak demikian dengan Wang Deshun. Pria paruh baya ini justru menjadi model di usia 79 tahun.

Aktor Wang Deshun, 79 tahun, tampak berjalan pada landasan model menjelang China Fashion Week di Beijing. (Shanghaiist)

Seperti dimuat Globaltimes, Sabtu (13/8/2016), Wang memang bukan orang baru di dunia seni. Dia telah memulai karirnya sebagai aktor panggung di Teater Changchun ketika berusia 24 tahun. Namun, karena industri hiburan terus berkembang dan teater secara bertahap kehilangan popularitasnya, pada usia 49 tahun, dia dan keluarganya memutuskan untuk pindah ke Beijing.

Namun, kehidupan di Beijing begitu sulit. Dia tidak dapat menemukan pekerjaan sebagai aktor tradisional, Wang pun mulai mengembangkan bentuk unik seni yaitu silent performance art.

"Saya bekerja selama empat jam sehari. Butuh tiga tahun untuk membuat tubuh saya terlihat seperti patung," kata Wang dalam sebuah wawancara dengan Yangtze Evening Post. 

Selama 1980-an dan awal 1990-an, ia terus membangun citranya di Beijing hingga ke mancanegara. Sambil menyelam minum air, Wang juga memperlihatkan hasil lukisannya di hadapan publik sambil berdiri diam selama berjam-jam.

Program pertama yang ia ciptakan adalah "The Snake dan Farmer", sebuah cerita tentang bagaimana seorang petani membawa ular kembali ke kehidupannya. Namun akhirnya si petani tersebut justru mendapatkan gigitan ular. Dia memainkan kedua peran tersebut, petani dan ular.

"Untuk melakukannya (peran), saya harus berlatih seperti ular dan mati. Dan untuk melakukannya butuh kemampuan fisik tertentu," katanya.

Fakta dia sudah tua mungkin benar, namun di usia 50 tahun, Wang malah bertekad untuk memulai gym--meskipun dia sangat suka berenang. Perlahan tapi pasti, kerja keras Wang mulai dilirik pecinta seni.

Wang Deshun

Meski begitu, Wang tidak pernah berhenti belajar hal baru. Di usia 65 tahun, dia belajar berkuda. Lima tahun setelahnya, Wang menyedot perhatian media massa karena tampil sebagai model. Sejak itu nama Wang Deshun terus dikenal masyarakat dunia.

Puncaknya pada Maret 2015, di China Fashion Week, pria berambut abu-abu ini memamerkan otot perut dan ketampanannya di atas catwalk. Sulit untuk tidak mengaguminya. Lebih sulit lagi percaya kalau dia telah berusia 80 tahun kini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.