Sukses

Infertilitas Sekunder, Apa Itu?

ketika pasangan suami istri sudah pernah memiliki anak namun sulit mendapatkan anak kedua, hal tersebut bisa infertilitas sekunder.

Liputan6.com, Jakarta Setelah anak pertama lahir, seiring bertambahnya waktu ia pun bisa memiliki adik. Namun, ketika pasangan suami istri sudah pernah memiliki anak namun sulit mendapatkan anak kedua, hal tersebut bisa infertilitas sekunder.

"Jadi infertilitas sekunder itu yang pasti dia sudah pernah fertil (subur) namun mengalami kesulitan ketika menginginkan anak selanjutnya. Misalnya, dia sudah punya anak, lalu dua tahun kemudian ingin punya anak lagi namun tak kunjung juga terwujud," terang dokter spesialis urologi RSU Bunda Jakarta, Sigit Solichin.

Tidak ada batas waktu antara anak pertama dan selanjutnya, bisa satu tahun atau lima tahun atau lebih. Cara termudah untuk mengetahui adanya infertilitas sekunder adalah ketika dia menginginkan anak lagi namun dengan tidak menggunakan alat kontrasepsi namun hingga satu tahun tak kunjung terwujud. 

Jika memang mengalami kondisi tersebut diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Sehingga bisa diketahui penyebabnya apa kemudian dicari solusinya seperti dikatakan dokter Sigit di RSU Bunda Jakarta, ditulis Sabtu (13/8/2016).

Penyebab infertilitas bukan hanya dari pihak wanita, Sigit menekankan, sekitar 50 persen faktor ketidaksuburan berasal dari pria.

 

 

 

 

***

EVENT SPESIAL PESTA BEAT LIVE STREAMING 8 KOTA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.