Sukses

Apa Saja Penyebab Pria Mandul?

Tak selamanya penyebab kemandulan (infertilitas) datang dari pihak wanita. Sekitar 50 persen kemandulan bisa dialami atau berasal dari pria.

Liputan6.com, Jakarta Tidak selamanya penyebab kemandulan (infertilitas) datang dari pihak wanita. Sekitar 50 persen kemandulan bisa dialami atau berasal dari pria.

Menurut dokter spesialis urologi Klinik Urologi RSU Bunda Jakarta, Sigit Solichin infertilitas pada pria merupakan proses sangat kompleks. Sehingga penyebab infertilitas pada pria juga ada banyak macamnya.

Berikut penyebab infertilitas atau kemandulan pada pria seperti diungkap dr Sigit pada Jumat (12/8/2016).

1. Verikokel
Verikokel atau pelebaran pembuluh darah vena di testikel bisa menyebabkan infertilitas. Penyebab verikokel belum jelas, namun diduga ada kaitan dengan pengaturan suhu pada testikel yang mengalami gangguan. Kondisi ini menyebabkan kualitas sperma tidak berkualitas. Meski begitu, kondisi ini bisa diterapi.

2. Infeksi
Infeksi juga dapat memengaruhi produksi dan kualitas sperma. Bisa juga menyumbat saluran sperma. Misalnya peradangan pada epididimis, infeksi pada testikel.

3. Gaya hidup
Gaya hidup tidak sehat bisa berimbas negatif pada kesehatan. Sebut saja merokok, aktivitas ini secara signifikan menurunkan jumlah dan motilitas sperma. Lalu konsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa memengaruhi kesuburan pria atau menyebabkan pria mandul.

4. Penyebab lain
Mulai dari gangguan antibodi sehingga antibodi menyerang sperma, tumor pada organ reproduksi pria, gangguan keseimbangan hormon, kelainan bawaan, serta gangguan kromosom pada sperma. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini