Sukses

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi

Minyak kelapa telah banyak disebut sebagai “minyak sehat di dunia”. Berikut adalah beberapa kegunaan minyak kelapa bagi bayi Anda

Liputan6.com, Jakarta Minyak kelapa kerap disebut sebagai “minyak sehat di dunia”. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam lemak dan anti mikroba di dalamnya, merupakan pilihan yang sehat.

Menurut situs Mark's Daily Apple, sifat hypoallergenic dalam minyak kelapa murni, memiliki profil gizi baik dan rasanya yang ringan, menjadikannya bahan yang sempurna untuk disertakan dalam makanan bayi. Selain itu, sifat melembabkan dan anti peradangannya juga sangat baik untuk dimasukkan ke dalam perawatan kulit bayi Anda.

Dilansir dari ehow, Jumat (12/8/2016), berikut adalah beberapa kegunaan minyak kelapa bagi bayi Anda, seperti:

1. Makanan bayi

Hypoallergenic yang berada di dalamnya, sangat baik untuk makanan bayi. Selain itu, minyak kelapa murni juga sangat tinggi asam laurat, yaitu asam lemak yang ditemukan dalam ASI yang meningkatkan daya cerna dan diyakini memiliki sifat pelindung.

Anda bisa menambahnya dengan sayuran seperti wortel, labu, dan bayam yang tinggi vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan K yang memfalisitasi penyerapan nutrisi penting bagi bayi.

 

2. Pelembab

Minyak kelapa yang kaya akan lemak sehat dan vitamin, adalah pelembab yang sangat efektif. Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni daripada pelembab biasanya pada bayi Anda setelah mandi.

Selain melembabkan bayi Anda dengan minyak, Anda juga dapat menenangkan dan menstimulasinya dengan memijat tubuh bayi Anda. Karena berbagai studi telah menunjukkan bahwa aktivitas ini ternyata dapat meningkatkan ikatan ibu-anak dan mengembangkan pola tidur yang sehat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 - 4

3. Perawatan cradle cap

Bayi yang baru lahir seringkali mengalami kondisi cradle cap, yaitu kelainan kulit yang sering terjadi pada bayi. Biasanya tampak sebagai lapisan kuning di kulit kepala seperti minyak kering. Kondisi ini tidak berbahaya dan dapat diobati menggunakan minyak kelapa. Seain itu, sifat anti mikroba di dalamnya juga dapat membantu menyejukkan peradangan di kulit bayi dan melembabkan kulitnya yang kering.

Oleskan minyak kelapa murni ke kulit kepala bayi Anda, biarkan selama 15 menit, kemudian hilangkan serpihan di kulit kepalanya dengan lembut menggunakan sikat gigi atau sisir.

 

4. Pengobatan ruam popok

Minyak kelapa juga merupakan obat alami untuk ruam popok. Lemak alami yang dikandungnya, membantu memberikan kelembaban, vitamin, serta lemak sehat yang menyehatkan kulit. Selain itu, sifat anti mikroba di dalamnya juga membantu mencegah infeksi. Coba oleskan minyak kelapa murni pada kulit bayi Anda yang telah dibersihkan, sebelum memakaikan popok yang baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini