Sukses

Labia Gatal? Inilah Penyebabnya

Berikut ini adalah lima penyebab rasa gatal di labia Anda serta cara mengobatinya

Liputan6.com, Jakarta Labia adalah alat kelamin wanita bagian luar yang merupakan lipatan kulit membentuk vulva. Kata Labia berasal dari bahasa latin yang berarti "bibir".  Labia terdiri dari labia mayora dan labia minora. Namun pernahkah Anda merasakan gatal disekitar organ ini?

Jika ya, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gatal di labia, misalnya karena infeksi, bakteri, atau iritasi. Namun untungnya dalam kebanyakan kasus, rasa gatal di labia mudah untuk diobati.

Dilansir dari Ehow, Jumat (12/8/2016), berikut ini adalah lima penyebab rasa gatal di labia serta cara mengobatinya:

1. Ragi atau jamur

Gatal di luar vagina merupakan indikasi adanya pertumbuhan berlebih Candida albicans, atau biasa dikenal dengan infeksi jamur. Untuk mengobatinya, pertama-pertama Anda perlu mengunjungi dokter Anda untuk memastikannya. Jika sudah pasti hal tersebut diakibatkan infeksi jamur, maka Anda bisa membeli krim anti jamur yang tersedia di toko obat.  

2. Bakteri

Infeksi akibat bakteri vaginosis, menyebabkan gatal di labia. Namun ada beberapa infeksi bakteri yang bisa tertular lewat hubungan seksual. Selain itu, keputihan yang disertai dengan bau menyengat juga bisa menjadi tanda infeksi akibat bakteri di vagina. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik yang sesuai untuk infeksi Anda. 

3. Bahan kimia

Labia yang gatal bisa jadi hasil dari iritasi bahan kima di dalam sabun, termasuk sabun deterjen. Selain itu, jangan menggunakan secara berlebihan produk-produk kesehatan untuk daerah kewanitaan, terutama douche. Produk yang langsung disemprotkan ke dalam rongga vagina ini, mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi vagina dan membuat labia Anda gatal. Untuk menghindari iritasi akibat bahan kimia, cuci bagian luar vagina dengan menggunakan sabun ringan seperti sabun bayi.

4. Seks

Gesekan yang terjadi selama seks dapat menyebabkan sedikit cedera pada labia, sehingga menyebabkan gatal. Anda bisa menggunakan krim anti gatal yang dirancang khusus untuk mengobati labia yang gatal.

5. Mencukur

Beberapa wanita terkadang mencukur rambut di labia luar mereka, sehingga rambut yang tumbuh kembali di daerah kemaluan tersebut dapat menyebabkan gatal-gatal. Coba terapkan kondisioner ke daerah ini saat mandi untuk melembutkan dan mengurangi rasa gatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini