Sukses

Kebiasaan Unik Atlet Olimpiade Michael Phelps Sebelum Bertanding

Liputan6.com, New York- Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps, sudah merebut tiga medali emas di Olimpiade Rio. Total, 21 medali emas dikumpulkan Phelps sepanjang Olimpiade. Lalu, apa yang dilakukannya sebelum bertanding?

Tak hanya persiapan fisik yang dilakukannya, ia ternyata melakukan hal-hal yang mampu mendukung mentalnya. Berikut kebiasaan Phelps sebelum bertanding seperti dikutip laman Live Strong, Kamis (11/8/2016).

Makanan

Pada 2012, Phelps mengungkapkan kepada KidsHealth.org, ia memulai hari pertandingannya dengan makan sarapan yang sederhana. Seperti mengonsumsi buah, oatmeal, dan bagel dengan krim keju. Ia menghindari protein pada hari tersebut.

Relaksasi

Sebelum hari- hari pertandingan Phelps punya aneka cara membuat dirinya relaks. Pada Olimpiade 2004, ia mengisi hari-harinya dengan menonton film yang meningkatkan mentalnya. Salah satunya dengan menonton Miracle, sebuah film tentang tim hoki Amerika Serikat yang memenangkan Olimpiade 1980.

Lalu, pada Olimpiade 2008, ia menonton film dokumentari 'Planet Earth'. Pada tahun pagelaran olahraga meraih delapan medali emas.

Sebelum bertanding, ia akan melakukan olahraga relaksasi meditasi. Kepada New York Times, ia menyebutkan pada saat melakukan meditasi itu ia memvisualisasikan dirinya berenang secara sempurna serta membayangkan aneka kesulitan yang datang. "Jadi, aku akan siap dengan segala kesulitan yang ada," kata Phleps.

 

Michael Phelps (AFP/Patrick Hamilton)

Pemanasan di kolam renang

Sebelum perlombaan, ia akan memulai untuk melakukan peregangan dua jam sebelum pertandingan. Mulai dari meregangkan tangan dari atas ke bawah. Lalu melakukan pemanasan di dalam kolam renang selama 30-45 menit.

Musik

Musik hip hop, rap, dan kadang-kadang musik tekno akan didengarkannya sekitar 20 menit sebelum berlaga. Lagu-lagu kesukaannya seperti Lil Wayne, Rick Ross, Young Jeezy dan Jay-Z.

Video Populer

Foto Populer