Sukses

Gaya Didik ala Shahnaz Haque Bikin Anak Tak Merasa Terkekang

Liputan6.com, Jakarta Bagi publik figur Shahnaz Haque dan suami Gilang Ramadhan, mendidik tiga orang anak perempuan bukan persoalan yang mudah. Belum lagi, usia anaknya yang masih remaja membutuhkan pantauan yang ekstra ketat.

"Aku punya tiga anak perempuan, menjaganya haduh udah kayak menjaga apa. Harus ekstra, walaupun punya anak laki juga deg-deg-an ya. Tapi anak perempuan, duh," katanya kepada Health-Liputan6.com, usai memandu Konferensi Pers Kampanye Pepsodent Mommys Little Partner, di Hotel Mulia, Senayan, ditulis Kamis (11/8/2016).

Shahnaz menyadari bahwa di era yang semakin berkembang pesat ini, ketiga anak gadisnya turut mengikuti informasi terbaru seputar kehidupan selebritas muda di dunia layaknya keluarga Kardashian atau Jenner bersaudara. Memang, kehidupan Jenner bersaudara yang bebas di negaranya cukup menjadi inspirasi bagi remaja di dunia termasuk Indonesia. Namun, Shahnaz memiliki cara jitu agar ketiga anak gadisnya tak mencontoh hal tersebut.

"Jadi gini, saya itu orang modern, tapi saya ngambil kebiasaannya (dalam mendidik anak) itu sangat tradisional. Misal, contohnya kamu mau pergi boleh tapi tidak jemput diri kamu di luar ya. Teman kamu harus jemput di rumah supaya Ibu tahu siapa yang pergi sama kamu," katanya. 

Shahnaz mengatakan, anak di masa remaja membutuhkan kebebasan untuk mengeksplorasi diri mereka. Walau bebas, dia tetap memantau ketiga anaknya dengan penuh keterbukaan.

"Saya itu tahu bahwa anak saya itu bukan anak Indonesia, tapi anak dunia yang informasinya tuh sangat mendunia," ujarnya.

Menurut Shahnaz, mendampingi anak di zaman seperti sekarang ini harus dengan kesabaran, komunikasi, dan gaya yang santai agar anak tak merasa terkekang.