Sukses

Ingin Mental Sehat hingga Tua? Lakukan Ini

Orang-orang berusia 40 tahun ke atas yang melakukan kegiatan sukarela merasakan manfaat bagi kesehatan mental yang lebih besar.

Liputan6.com, New York- Ada banyak aktivitas volunteering atau melakukan kegiatan sukarela di sekitar kita, baik itu dalam dunia pendidikan, lingkungan, maupun sosial. Nah, jika Anda ingin memiliki mental yang sehat hingga tua, tak ada salahnya bergabung menjadi volunteer alias sukarelawan.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open mengungkapkan menjadi sukarelawan terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik, terutama pada mereka yang sudah mencapai usia paruh baya.

Fakta menarik ini diketahui lewat survei yang melibatkan 5.000 orang di Inggris selama beberapa tahun. Sekitar 20 persen dari responden adalah sukarelawan. Dalam kuesioner yang diberikan, mereka ditanyai tentang hal-hal terkait kesehatan mental dan kesejahteraan.

Hasilnya, orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas merasakan manfaat bagi kesehatan mental yang lebih besar dibandingkan dengan usia-usia sebelumnya. Manfaat baik bagi kesehatan mental meningkat terus seiring bertambahnya umur.

Bagi orang-orang tua ini aktivitas sukarela mampu memberikan mereka tujuan hidup, sehingga mereka lebih bergairah menjalani kehidupan. Lalu, sambil melakukan aktivitas ini juga membantu memelihara koneksi sosial yang berperan penting bagi kesehatan mental.

Namun hasil ini tidak terlalu kentara pada mereka di bawah usia 40 tahun. 

"Salah satu penjelasan terkait hal ini karena pada usia-usia muda, aktivitas sukarela lebih ke arah sebagai melakukan tugas agar menjadi murid, karyawan, orangtua yang baik sehingga tidak berdampak baik bagi kesehatan," kata peneliti seperti dikutip laman Time, Rabu (10/8/2016).

Ini bukan kali pertama studi yang menyebutkan manfaat baik menjadi sukarelawan dengan kesehatan. Studi sebelum-sebelumnya menyebutkan orang yang aktif sebagai sukarelawan cenderung tidak mengalami kenaikan tekanan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.