Sukses

Cegah Penyakit Tidak Menular dengan Gerakan Masyarakat Sehat

Menteri Kesehatan Nila Moeleok mengatakan tren kematian akibat PTM meningkat dari 37 persen pada 1990 menjadi 57 persen pada 2015.

Liputan6.com, Jakarta Tingginya kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) kian mengkhawatirkan. Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, tren kematian akibat PTM meningkat dari 37 persen pada 1990 menjadi 57 persen pada 2015.

Tren ini dapat berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup, seperti pola makan dengan gizi tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, merokok, dan lain-lain," ujar Menkes di sela-sela acara talkshow membahas upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular (PTM), di Kuningan, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Untuk menekan PTM, Kementerian Kesehatan lantas mencanangkan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) sebagai upaya promotif dan preventif, dengan cara menerapkan perilaku sehat di masyarakat.

"Langkah ini merupakan intervensi yang lebih murah dan efektif bila dibandingkan dengan upaya pengobatan setelah timbulnya penyakit," kata Menkes.

Karena itu, perlu dukungan kebijakan dari pemerintah daerah dalam mencegah dan mengendalikan PTM serta faktor risikonya, dalam upaya mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.