Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Kenali Fungsi Labia, Kulit Luar Alat Kelamin Wanita

Labia adalah lipatan kulit yang membentuk vulva, yaitu alat kelamin wanita bagian luar.

Liputan6.com, Jakarta- Labia adalah alat kelamin wanita bagian luar yang merupakan lipatan kulit membentuk vulva. Kata Labia berasal dari bahasa latin yang berarti “bibir”. Labiya terdiri dari tiga bagian, yaitu labia mayora, labia minora, dan labial komisura.

Labia mayora adalah bibir luar vagina yang tebal, sedangkan labia minora terletak di dalam labia mayora dan berada disekitar pembukaan vagina. Ukurannya lebih tipis dan lebih kecil. Kemudian anterior dan posterior dari labial komisura, menandai dua sudut dimana kedua bibir bertemu.

Apakah fungsi labia untuk setiap wanita?

Dilansir dari ehow, Rabu (10/8/2016), berikut fungsi penting labia tersebut:

1. Penghalang eksternal

Labia mayora melindungi organ-organ internal dari sistem reproduksi wanita, dengan mencegah vagina terbuka dari pembukaan di luar aktivitas seks. Bibir yang tebal dan keras tersebut melindungi dan menyembunyikan lubang vagina.

Sedangkan fungsi asli dari rambut kemaluan yang menutup labia eksternal, berasal dari sejarah manusia awal ketika mereka tidak mengenakan baju. Rambut tersebut bertindak sebagai perangkap bagi benda asing, seperti serangga.

Dengan cara yang sama tersebut, labia minora bertindak sebagai pelindung bagi saluran kemih wanita.

2. Perlindungan dari bakteri

Labia menjaga vulva dari serangan bakteri. Kelenjar labia minora yang berada di dalam, memproduksi sekresi kaya akan bahan kimia yang dirancang untuk membunuh bakteri. Dengan cara ini pula, labia melindungi dirinya dari infeksi.

3. Pelumasan

Kelenjar labia minora juga memfalisitasi hubungan seks yang sempurna. Ketika membran yang berada di bibir tipis ini dirangsang oleh sentuhan atau tekanan, maka kelenjar tersebut akan menghasilkan sekresi atau cairan pelumas.

Pelumasan yang dihasilkan tersebut, membantu menjaga labia dan vagina agar tetap lembab dan membantu memudahkan penetrasi ketika seks.

4. Kepuasan seksual

Fungsi labia selama hubungan seksual juga membantu wanita untuk menikmati seks. Membran tipis di labia minora, dikemas dengan banyak pembuluh darah dan saraf yang akan membengkak ketika dirangsang. Hal ini membuat labia minora sangat sensitif dan reseptif.

Dalam situasi yang tepat dan dengan stimulasi yang tepat, labia akan menghasilkan sensasi nikmat yang membantu hubungan seks menjadi sukses dengan menstimulasi bagian ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.