Sukses

4 Makanan Sehat Ini Bikin Mengantuk di Siang Hari

Beberapa makanan dan minuman tertentu dapat membuat Anda bersemangat, sementara lainnya bisa membuat Anda lelah dan mengantuk.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa makanan dan minuman tertentu bisa saja membuat Anda bersemangat, sementara lainnya bisa membuat Anda lelah dan mengantuk. Namun ternyata, bukan saja junk food yang bisa menyebabkan kelelahan di siang hari, tetapi beberapa makanan sehat juga.

Coba pertimbangkan dan membatasi lima makanan ini di siang hari, seperti yang dilansir dari Sleep, Selasa (9/8/016):

1. Buah ceri

Buah ini tinggi kadar hormon melatonin alami yang mengontrol siklus tidur dan bangun Anda. Dosis tambahan melatonin dapat mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya tidur. Jadi, lebih baik makan buah ceri setelah makan malam dan hindari saat pagi atau siang hari.

2. Roti

Karbohidrat olahan seperti roti putih dapat membuat Anda mengantuk karena mengandung indeks glikemik tinggi. Hal ini akan memicu melonjaknya gula darah yang membuat seseorang mengantuk karena energi berlebih. Lebih baik konsumsi roti gandum yang tidak terlalu membuat Anda lesu dan mengantuk.

3. Cokelat hitam

Meskipun cokelat hitam mengandung kafein, namun makanan ini juga mengandung serotonin yang membantu Anda rileks. Menariknya, coklat susu tidak mengandung serotonin dan dapat membuat mata lebih terjaga.

4. Pisang

Kalium dan magnesium dalam pisang merupakan penyebab rasa mengantuk, karena zat ini membantu mengendurkan otot-otot. Tetapi sebaliknya, jika Anda mengonsumsi jeruk, aromanya akan memberikan Anda energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.