Sukses

Hati-Hati, Makanan Ini Bikin Anda Cepat Tua

Berikut adalah tiga makanan yang harus dihindari dan tiga makanan yang harus dimasukkan dalam diet, agar Anda tidak cepat tua, seperti

Liputan6.com, Jakarta Kita memang tidak bisa memutar kembali waktu dan mencegah penuaan. Namun akan jadi pengalaman yang menyenangkan jika kita bisa melakukan perubahan untuk mencegah penyakit dan kerusakan tubuh lebih awal.

“Ketika Anda beranjak tua, peradangan menjadi masalah yang terbesar,“ ujar spesialis penyakit, Erika Schwarts, yang berfokus pada pengobatan preventif. "Peradangan menciptakan penuaan dan penyakit. Untuk mengalahkannya, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan anti-peradangan," ucapnya.

Selain itu, penelitian juga telah mengaitkan berbagai penyakit kronis akibat peradangan, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Dilansir dari Huffingtonpost, Senin (8/8/2016), berikut adalah tiga makanan yang harus dihindari dan tiga makanan yang harus dimasukkan dalam diet, agar Anda tidak mengalami penuaan dini, seperti:

1. Hindari Alkohol

Sensitivitas Anda terhadap alkohol meningkat seiring bertambahnya usia karena kadar air dalam tubuh rendah. Selain itu, alkohol juga dikenal dapat membuat kulit dehidrasi.

Lebih baik, coba minum air ditambah dengan irisan lemon. Minuman ini memiliki banyak manfaat karena membantu pencernaan yang kadang melambat seiring usia bertambah. Air dan lemon memberikan vitamin C serta antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan penuaan dini.

2. Makanan yang diproses

Makanan yang dikemas atau makanan olahan akan sulit diproses oleh tubuh, apalagi jika makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang tidak perlu dan tidak memiliki nilai gizi untuk tubuh.

Lebih baik pilih makanan sehat seperti avokad, karena buah ini dapat membuat Anda merasa kenyang akibat kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, avokad juga kaya akan karotenoid yang membantu melawan peradangan.

3. Gula pengganti

Merupakan ide yang baik jika Anda membatasi asupan gula. Namun jangan berpikir untuk menggunakan gula pengganti, karena mereka adalah pemanis buatan yang sayangnya seringkali disebut-sebut dalam makanan sebagai “bebas gula”.

Jika Anda ingin memuaskan rasa manis di lidah, Anda bisa mencoba yogurt dan buah. Karena yogurt tinggi kalsium yang membantu mencegah osteoporosis, sedangkan buah tentu saja penuh dengan vitamin C dan antioksidan yang mencegah penuaan dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini