Sukses

8 Tips Mudah Tingkatkan Rasa Pede

Ada delapan cara mudah menyuntikkan rasa percaya diri

Liputan6.com, Jakarta Sesekali merasa kurang bersemangat atau sedih tentu wajar. Sepanjang hidup, manusia akan selalu merasakan mood silih berganti. Tapi jika Anda sering kali merasa down atau tidak bersemangat, ini saatnya untuk memperbaiki mood dan rasa percaya diri.

Ada delapan cara mudah menyuntikkan rasa percaya diri seperti dilansir dari laman Purewow, Senin (8/8/2016):

1. Awali dengan mantra

Ya, mantra. Bukan hanya tokoh di dongeng anak-anak yang boleh menggunakan mantra, Anda pun boleh. Pilihlah kalimat sederhana yang menguatkan dan terasa pas untuk Anda. Contohnya, "Tahun ini adalah tahunku," atau "Aku punya waktu yang cukup untuk melalukan tugas-tugas hari ini."

Anda bisa menuliskannya di selembar kertas dan menempelkannya di meja kerja atau memasukkannya di dompet agar bisa dibawa ke mana-mana sebagai pengingat. Atau cukup ulangi kata-kata itu di benak sepanjang hari. Terutama pada saat Anda merasa membutuhkannya.

2. Bangun 15 menit lebih awal

Tentu sulit untuk merasa nyaman dan percaya diri seharian jika hari Anda diawali dengan serba terburu-buru. Kurangi sedikit waktu tidur Anda untuk bangun lebih pagi dan mempercantik diri. Tata rambut sesuai yang Anda inginkan, pakai baju favorit, atau kenakan kalung cantik. Tarik napas dan mulailah hari Anda!

3. Berlatih power posing

Psikolog sosial Amy Cuddy punya trik jenius untuk meningkatkan rasa percaya diri. Caranya, berdiri dan letakkan kedua tangan Anda di pinggul. Pose ini tak hanya membuat Anda terlihat powerful, secara ilmiah juga terbukti membuat Anda merasa lebih powerful dan mengurangi kadar kortisol tubuh.

4. Istirahat dari media sosial

Penelitian menunjukkan, bermain media sosial berpotensi membuat depresi karena adanya kecenderungan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika Anda merasa kurang nyaman melihat unggahan beberapa individu yang Anda anggap sebagai "rival", tak ada salahnya beristirahat sejenak dari bermain media sosial seperti Facebook, Instagram, Snpachat, dan Twitter. Tak perlu membandingkan kehidupan pribadi dengan orang lain. Hidup Anda telah sempurna apa adanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Rehat melihat majalah fashion

5. Rehat melihat majalah fashion

Terkadang kita terintimidasi dengan bentuk tubuh para model atau selebritas yang menghiasi sampul dan isi majalah fashion. Cukup alihkan fokus pada sekeliling Anda dan nikmati pemandangan di depan mata. Bisa jadi selama ini Anda melewatkan beberapa hal menarik yang ada di sekitar Anda.

6. Menyeterika baju

Tampil dengan baju yang rapi dan licin akan membuat Anda lebih percaya diri.

7. Usir pikiran negatif

Anjuran untuk menghentikan celoteh rasa tidak percaya diri yang memenuhi benak Anda memang lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Yoga dan meditasi merupakan beberapa cara yang membantu Anda tetap mindful, positif, dan menghentikan segala hal yang menyesaki benak.

8. Sapa lima orang setiap hari  

Cobalah menyapa hangat orang-orang di sekitar Anda. Entah itu rekan kerja, tetangga, ibu atau kakak Anda. Beri pujian tulus akan hal-hal kecil yang ada pada mereka atau yang mereka lakukan. Misalnya, katakan betapa Anda menyukai menu sarapan yang telah dibuat ibu. Atau sapa hangat rekan kerja yang berpapasan di koridor.

Aura positif yang Anda tebar akan membuat mereka pun menjadi lebih percaya diri. Anda pun tak akan punya waktu untuk tenggelam dalam pikiran negatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini