Sukses

Tanaman Catnip Redakan 5 Masalah Kesehatan Ini

Tanaman bernama Catnip asal benua Eropa ini memiliki segudang manfaat sehat.

Liputan6.com, Jakarta Daun serta bunga dari tanaman catnip memiliki setumpuk khasiat baik bagi kesehatan manusia. Tanaman sehat yang banyak diburu di Indonesia ini berasal dari benua Eropa, yang juga banyak ditemui Timur Tengah, Asia Tengah, dan Cina.

Rupa dari daun catnip mirip dengan daun mint. Catnip memiliki nama lain yang dikenal dengan sebutan Nepeta Cataria--tanaman sehat ini cukup mengandung minyak esensial sehat dan bisa digunakan sebagai teh, jus, ekstrak, hingga krim atau salep. 

Melansir laman Organic Facts, ditulis Minggu (7/8/2016) senyawa dalam Catnip mampu digunakan sebagai detoksifikasi, mempercepat penyembuhan luka, hingga membantu mengatasi gangguan tidur. Berikut manfaat kesehatan lain dari Catnip :

1. Mengatasi stres

Daun dari catnip yang dapat dijadikan teh atau minuman lainnya dipercaya mampu menurunkan perasaan bergejolak akibat stres.

2. Redakan kesulitan tidur

Catnip menjadi pilihan sebagian besar individu yang memiliki gangguan tidur. Sifat sedatif dari catnip mampu membantu memperlambat siklus tubuh terinduksi untuk tenang dan rileks. Untuk mengonsumsinya, minumlah secangkir teh catnip sebelum tidur untuk merasakan langsung khasiatnya.

3. Lancarkan pencernaan

Efek anti-inflamasi dari catnip dapat meringankan bagian perut hingga meredakan peradangan pada sistem pencernaan. Catnip juga mampu meringankan rasa sesak dan ketidaknyamanan dari perut sembelit.

4. Redakan sakit kepala

Dengan mengoleskan bagian kepala atau pelipis dengan minyak esensial dari catnip terbukti efektif meredakan rasa sakit kepala.

5. Memperbaiki kulit

Catnip menjadi pilihan ideal untuk menjaga kesehatan kulit. Daun dari catnip yang memiliki senyawa organik mampu meredakan iritasi pada kulit hingga menghilangkan bekas gigitan serangga. Dengan menerapkan krim pada area yang luka dapat mempercepat penyembuhan bekas luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini