Sukses

Hebatnya ASI, Turunkan Risiko Kanker pada Ibu dan Anak

Baik ibu dan anak risiko terkena kanker akan berkurang.

Liputan6.com, Jakarta- Air Susu Ibu (ASI) merupakan berkah luar biasa dalam kehidupan manusia. Tak hanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak, baik ibu yang memberikan ASI dan anak yang menerima ASI risiko terkena kanker berkurang.

Pada 2009 peneliti asal Swedia baru menemukan dalam ASI mengandung suatu molekul kompleks bernama HAMLET (Human Alpha-lactalbumin Made LEthal to Tumor cells). Molekul ini mampu menghancurkan zat-zat kanker.

"Namun yang jelas ibu-ibu menyusui bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara, kanker rahim, dan indung telur," seperti diungkap pakar ASI Utami Roesli di Kementerian Kesehatan pada Sabtu (6/8/2016).

Lalu pada anak yang minum ASi risiko terkena kanker darah dan kanker neuroblastoma menurun seperti dituturkan dokter Utami lagi.

Selain itu, menyusui juga memberi perlindungan kepada penyakit tulang atau persendian seperti rheumatoid arthritis dan osteoporosis. Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan kronis sendi-sendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini