Sukses

Sampai di Rumah, Ibu Pekerja Segera Beri Bayi ASI

Walaupun stok ASI perah di kulkas banyak, segeralah menyusui anak sesampainya di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar ASI Utami Roesli mengingatkan kepada ibu bekerja yang memiliki bayi untuk segera menyusui anaknya sesampainya di rumah. Sehingga anak bisa dengan sesuka hati mengambil kandungan ASI yang diinginkan.

"Makannya begitu datang, walaupun stok ASI perah di kulkas banyak, segera susui anak. Anak akan mendapatkan apa yang ia butuhkan pada saat itu, entah cairan saja atau dengan lemak akan diambil sama dia," tutur dokter Utami Roesli, di kantor Kemenkes RI, Jumat (5/8/2016).

Menurut Utami, saat ASI keluar dari puting payudara ibu awalnya akan keluar berupa cairan, protein, laktosa, dan zat-zat gizi lainnya. Sementara di ASI yang keluar terakhir biasanya berisi lemak. Berbeda halnya dengan ASI perah yang isi di dalamnya memang ASI. 

"Jika anak tengah minum ASI lalu lepas. Bisa jadi karena dalam ASI sudah banyak lemaknya. Karena dia hanya haus tidak lapar maka ia lepaskan putingnya," tutur wanita yang sudah jadi pakar ASI puluhan tahun ini.

Sementara itu, ASI perah ibu dimanfaatkan ketika anak sedang jauh dari ibu, seperti saat ibu bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini