Sukses

Usai Olahraga, Kapan Waktu Tepat untuk Makan?

Liputan6.com, Jakarta Olahraga wajib bagi mereka yang ingin tetap sehat. Namun, sering tak disadari jumlah kalori yang terbuang setelah olahraga juga harus diganti. Jumlah kalori pengganti tidak sama untuk tiap-tiap orang. Maka ada pertanyaan berapa jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita usai berolahraga dan kapan waktu terbaik untuk melakukannya?

Sangat penting untuk diingat bahwa asupan kalori berbeda untuk setiap orang, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kelamin, tinggi badan, usia, dan tingkat aktivitas.

Namun, secara umum, National Institutes of Health merekomendasikan bahwa orang yang berolahraga perlu mendapatkan 45-65 persen dari kalori harian dari karbohidrat, 25-35 persen dari lemak, dan 10-35 persen berasal dari protein. Dan asupan kalori ini tidak harus bertambah, baik saat Anda bekerja atau tidak.

"Jika orang sedang berolahraga selama 30 atau 40 atau 50 menit sehari, mereka tidak perlu tambahan karbohidrat serta minuman olahraga, mereka tidak memerlukan hal itu,” tutur Dr. Michael Joyner dari Mayo Clinic seperti dilansir Independent, Jumat (5/8/2016).

Menurut dia, hanya orang-orang yang membakar lebih dari 500 kalori per jam yang perlu meningkatkan asupan kalori mereka. Dan ini bukan sebagian besar dari kita. Seseorang dengan berat 154 pon harus terus berjalan selama setidaknya satu jam untuk membakar lebih dari 500 kalori. Kelebihan karbohidrat dan kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Ini bukan berarti Anda tidak makan sebelum pergi ke gym. Makanlah seperti biasa, hanya tidak berlebihan. Sebuah harian medis merekomendasikan untuk tetap menjaga keseimbangan yang baik dari karbohidrat dan protein sekitar 30-60 menit sebelum berolahraga. Bahkan kita bisa makan tepat sebelum pergi ke gym, karena mitos lama yang mengatakan kita bisa latihan setidaknya 30 menit setelah makan tidak memiliki dasar faktual.

Anda juga tidak harus melewatkan makan baik sebelum atau setelah berolahraga. Hormon otot, seperti testosteron, tertinggi dalam aliran darah 15-30 menit setelah latihan. Jadi ini sebenarnya adalah saat yang tepat untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan camilan sehat. Sesudah latihan ringan, camilan terbaik adalah pisang, alpukat, atau makanan dengan protein dan gula dengan cepat dicerna.

Jadi pada saat Anda ke gym, ingatlah prinsip sederhana yang terbaik, yakni selalu menggabungkan makan dengan porsi yang sehat dengan olahraga untuk memenuhi tujuan kebugaran.

 

 

Video Populer

Foto Populer