Sukses

9 Tanda Umum Anak Bergizi Baik

Nutrisi merupakan asupan yang penting untuk anak agar tumbuh kembangnya sempurna. Ada sembilan tanda umum anak bergizi baik, seperti

Liputan6.com, Jakarta Nutrisi merupakan asupan yang penting agar tumbuh kembang anak menjadi sempurna. Selain itu, nutrisi yang baik juga membuat anak memiliki tubuh yang sehat.

Menurut wakil ketua PP PDGMI, DR. Dr. Yustina Ani Indriastuti, M.Sc, SpGK, ada sembilan tanda umum anak bergizi baik, seperti:

1. Tinggi badan dan berat badan sesuai umur
Anak dengan asupan gizi yang baik, akan memiliki ciri tubuh dengan tinggi dan berat badan yang sesuai umurnya.

“Biasanya untuk balita tubuhnya diukur dengan melihat kurva Kartu Menuju Sehat (KMS), sedangkan untuk anak-anak diukur dengan Indeks Massa Tubuh (IMT),” ujarnya.

2. Postur tubuh kuat dan tegap
Ciri anak yang gizinya baik, akan memiliki postur tubuh yang kuat serta tegap. “Hal ini karena asupan lemak, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineralnya tercukupi,” ujarnya.

3. Kulit sehat
Cirinya yaitu kulit anak tidak kusam, tidak bersisik, tidak ada korengan, lembap, dan tidak kering. “Ini karena zat gizi, zinc, dan vitamin E, pertumbuhan kulit akan bagus dan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga kuman dari luar tidak mudah menembus kulit,” katanya.

Jika ingin mendapatkan sinar matahari untuk kulit yang lebih sehat, lebih baik berjemur sebelum pukul 09.00 dan sesudah jam 15.00. Karena matahari sesudah jam 09.00, khususnya jam 12.00 harus dihindari karena sinar UV nya yang sudah tidak baik.

4. Mata jernih
Selain menjaga mata dari kuman, untuk mata yang jernih anak memerlukan vitamin A dan protein. “Jika kekurangan vitamin A, maka mata bisa rabun, buta senja, bahkan bisa buta, walaupun hal ini jarang terjadi,” ujarnya.

5. Rambut berkilau
Kalo kekurangan zinc, protein, dan vitamin B maka akan membuat rambut tumbuh kusam. Sehingga penting memberikan nutrisi tersebut untuk anak Anda.

6. Tanggap dan ceria

Kaitannya dengan anemia kalo anak kekurangan zat gizi dan yodium. Selain itu, jika kekurangan karbohidrat, juga dapat membuat anak mudah lelah dan mengantuk di sekolah.

7. Nafsu makan
“Nafsu makan di sini ditujukan supaya anak makan yang benar, tidak pilih-pilih makanan, makan dengan teratur, dan yang paling penting adalah sesuai kebutuhan (tidak berlebihan),” ujar Dr. Ani.

8. Buang air besar secara teratur
Untuk buang air secara teratur, anak perlu cukup serat dan air. “Yang bagus itu buang air besar sehari sekali, tapi kalau sehari tiga kali buang air besar masih oke asal tidak mencret,” ujarnya.

9. Tidur nyenyak
“Anak-anak tidak boleh tidur kurang dari delapan jam setiap malam,” ujar Dr. Ani. Karena jika jam tidur anak kurang dari yang dianjurkan, akan mengurangi konsentrasinya di sekolah dan mengganggu aktivitasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini