Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

3 Perubahan Otak Saat Bercinta

Sebuah penilitian terbaru menemukan, kegiatan bercinta yang intens akan membuat otak menjadi lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Ingin cerdas atau tak mau cepat pikun? Rajinlah bercinta. Sebuah penelitian terbaru menemukan, kegiatan bercinta yang intens akan membuat otak menjadi lebih sehat.

Menurut profesor psikologi dari Rutgers University di Newark, New Jersey, Barry R. Komisaruk, PhD, banyak hormon dan sel yang dilepas ketika seseorang bercinta. Tanpa disadari, semua ini akan mempengaruhi semua sel yang ada di otak.

Ada bagian hippocampus (terletak di lobus temporal) pada otak yang berfungsi menyimpan memori jangka panjang. Bagian otak ini begitu dipengaruhi oleh kegiatan bercinta. Semakin sering seseorang bercinta, maka Hippocampus akan membantu sebuah set baru yang menjauhkan orang dari kepikunan, seperti yang ditulis Boldsky.

Di samping itu, penelitian ini juga menyebutkan, kegiatan bercinta dapat membentuk sel-sel baru pada otak yang dapat menghindarkan orang dari stres.

Berikut ini perubahan otak saat bercinta yang perlu Anda ketahui:

- Seks seperti kokain

Ada hormon dopamin yang terlepas saat orang bercinta. Hormon ini merupakan salah satu bahan kimia yang bertanggung jawab pada orang yang mengalami kecanduan obat-obatan.

"Memakai kokain dan berhubungan seks memang sesuatu yang berbeda, namun keduanya sama-sama melibatkan sel-sel dan saraf yang ada di otak," jelas Timothy Fong, MD, profesor psikiatri dari UCLA David Geffen School of Medicine.

- Antidepresan

Terdapat estrogen dan prostalgin dalam senyawa air mani yang berfungsi sebagai antidepresan. Namun hal ini tidak akan bermanfaat jika bercinta dengan menggunakan kondom.

- Meningkatkan memori

Dalam penelitian yang melibatkan tikus, peneliti menemukan, kegiatan seks terus menerus dapat meningkatkan pertumbuhan neuron di hippocampus, suatu wilayah otak yang berhubungan dengan ingatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini