Sukses

Switchel, Minuman Kesehatan Terbaru?

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda berpikir sudah mencoba segala jenis minuman kesehatan yang sedang menjadi tren, ada satu minuman baru lagi. Switchel--juga dikenal sebagai haymaker’s punch--adalah sebuah kombinasi dari cuka apel, jahe, air, dan sirup maple untuk memberikan rasa manis pada kombinasi tersebut. Terdengar menarik, tapi apakah benar minuman ini bermanfaat bagi kesehatan Anda?

Bonnie Taub-Dix, RDN, pendiri situs BetterThanDieting.com dan penulis buku Read it Before You Eat It, menyatakan minuman tersebut biasa-biasa saja.

"Beberapa dari bahan minuman tersebut memang bisa membuat Anda merasa lebih baik--seperti jahe yang bisa membuat perut Anda lebih stabil dan mencegah mual setelah berolahraga, dan cuka apel yang dikaitkan dengan pengobatan pencernaan, agen detoks, dan manfaat bagi mereka yang mengidap diabetes,’ ujar Taub-Dix.

“Lalu kemudian ada sirup maple, yang sepertinya memberikan perasaan membuat hari lebih baik dengan sarapan panekuk buatan Ibu,” lanjutnya.

Meminum Switchel pastinya memudahkan untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel, karena siapa pun yang pernah mencobanya pasti tidak akan tahan untuk tidak memuntahkannya kembali.

"Minuman ini mengandung 50 kalori atau lebih pada setian 8 ons,” ujar Taub-Dix, yang sebabnya berasal dari ditambahkannya rasa manis dari sirup maple. Bahkan, satu gelas Switchel bisa dengan mudah mengandung hingga 17 gram gula.

Karena itulah, seorang Direktur Nutrisi Good Housekeeping Institute, Jaclyn London, R.D., menyarankan agar tidak meminum minuman ini. “Ini adalah minuman bergula, yang disamarkan sebagai minuman kesehatan karena adanya kandungan cuka apel dan jahe-yang mana keduanya merupakan super food,” ujarnya, seperti dilansir Goodhousekeeping, Kamis (4/8/2016).

“Lebih baik Anda mencampurkan kedua bahan hebat tersebut sebanyak satu atau dua sendok makan untuk dressing salad Anda. "