Sukses

Tak Suka Olahraga? Coba 10 Latihan Ini

Liputan6.com, Jakarta Selain menjaga diet seimbang, olahraga merupakan cara berikutnya yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat. Tapi sayangnya tidak semua orang senang berolahraga. Ada pula individu hanya memiliki keinginan untuk berolahraga tapi tak juga melakukannya.

"Kuncinya adalah temukan olahraga yang disukai dan rutin melakukannya," ujar Joe Kekoanui, pemilik Huddle Reactive Sports Training.

Joe Kekoanui juga mengingatkan bahwa olahraga yang cocok untuk setiap individu berbeda-beda. Hanya karena teman Anda berhasil bugar dengan rutin berlari lantas Anda pun cocok melakukan aktivitas yang sama. Sebaiknya Anda mencoba beberapa latihan hingga menemukan yang cocok.

Kekoanui menyarankan agar mulai dengan olahraga low-impact jika Anda sudah lama tidak berolahraga.

Melansir laman Woman's Day, Rabu (3/8/2016) berikut beberapa latihan menyenangkan yang bisa dicoba bagi Anda yang tidak suka berolahraga:

1. Berjalan kaki

Anda tidak memerlukan biaya besar atau perlengkapan olahraga yang rumit untuk memulai berjalan kaki. Mengayunkan langkah setiap hari tak hanya efektif membakar kalori melainkan juga menyehatkan jantung. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja.

2. Bersepeda

Jenis olahraga ini baik untuk mengencangkan otot kaki. Karena otot kaki merupakan kelompok otot terbesar di tubuh, artinya Anda bisa membakar kalori lebih banyak dengan bersepeda.

3. Yoga

Yoga akan membantu Anda tetap aktif tanpa beban. Menjaga gerakan dan kelenturan tubuh sambil meningkatkan kekuatan inti sangat penting untuk menjaga postur tubuh. Yoga bisa membantu membakar kalori, meningkatkan kekuatan inti, dan menjaga sendi tetap lentur.

4. Berenang

Olahraga renang tidak akan membuat sendi Anda stres, tapi ampuh membakar kalori dan meningkatkan ketahanan jantung.

5. Hiking

Latihan low-impact ini bisa sangat menantang, tergantung tipe rute yang diambil. Langkah kaki yang cepat akan meningkatkan detak jantung dan mengencangkan otot kaki.

6. Golf

Olahraga yang satu ini bisa dilakukan berkelompok. Anda bisa mendapat manfaat dari mengayunkan tongkat dan berjalan kaki jika memilih tidak menggunakan kereta golf.

7. Tai Chi

Bergabung dengan kelas Tai Chi bisa membantu menjaga keseimbangan dan kelenturan tubuh. Tai Chi juga membuat pikiran dan tubuh terhubung.

8. Olahraga dayung

Mendayung bisa membakar kalori, menyehatkan jantung, serta membentuk dan menguatkan tubuh bagian atas. Jika Anda memilih olahraga dayung berkelompok, ini pun bisa menjadi salah satu cara terbaik bersosialisasi.

9. Menari

Berdansa ballroom tak hanya membakar kalori, tapi juga bisa mempererat hubungan antar pasangan.

10. Pilates

Sama seperti yoga, pilates meningkatkan kelenturan dan menguatkan inti tubuh.

Video Populer

Foto Populer