Sukses

Usia Ketika Pertama Kali Menstruasi Pengaruhi Kesehatan Wanita

Wanita yang mendapat menstruasi di usia 12 atau lebih dan mengalami menopause di usia 50 atau lebih cenderung panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya masa pubertas anak perempuan dimulai menjelang usia 12. Salah satunya ditandai dengan mendapat menstruasi pertama. Namun, masing-masing perempuan memiliki siklusnya sendiri. Ada individu yang mendapat menstruasi pertama sebelum usia 12 dan ada pula yang lewat dari 12 tahun.

Bagi Anda, wanita yang mendapat menstruasi pertama lewat dari 12 tahun, jangan dulu berkecil hati. Bisa jadi perkembangan Anda sedikit lebih lambat (late bloomer) dibandingkan teman-teman, tapi ada manfaat besar yang tersembunyi dari hal itu.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti di University of California San Diego School of Medicine melacak 16 ribu wanita yang usianya lebih dari 21 tahun. Mereka menemukan, wanita yang mendapat menstruasi di usia 12 atau lebih dan mengalami menopause di usia 50 atau lebih cenderung panjang umur hingga usia 90.

Para late bloomer ini juga cenderung tidak memiliki masalah kesehatan tertentu seperti misalnya penyakit jantung dan diabetes. Mereka juga cenderung tidak jadi perokok, seperti dilansir laman Cosmopolitan, Rabu (3/8/2016).

Hingga saat ini peneliti masih mencari tahu kenapa usia saat wanita mengalami menstruasi pertama berdampak besar pada kesehatannya.

Tentunya menstruasi bukanlah satu-satunya faktor yang menjadi penentu masa hidup Anda. Namun jika Anda termasuk individu "late bloomers", tak perlu resah karena kemungkinannya Anda akan hidup hingga 90 tahun!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini