Sukses

Apakah Perlu Latihan Beban Berat agar Tubuh Berotot?

Liputan6.com, New York- Jika Anda ingin membentuk tubuh berotot tak perlu latihan dengan beban berat. Riset menunjukkan bahwa mengangkat beban ringan dengan beberapa repetisi tambahan sama efektifnya dengan mengangkat beban yang lebih berat.

Hal ini diketahui lewat studi yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology. Peneliti dari McMaster University Kanada melakukan studi terhadap 49 pria muda yang diminta berolahraga selama 12 minggu.

Setengah dari partisipan melakukan olahraga dengan 20-25 repetisi, sementara yang lain berlatih 8-12 repetisi dengan beban lebih berat seperti dikutip Time, Rabu (3/8/2016).

Setelah 12 minggu berlalu, peneliti mendapati kekuatan dan ukuran otot pada grup pertama dan kedua tidak terlalu berbeda secara siginifikan.

"Penelitian ini memperlihatkan bahwa usaha lebih penting daripada beban yang digunakan," kata peneliti yang juga kandidat PhD University McMaster Robert Worton.

Sehingga, bagi Anda yang merasa tak kuat latihan beban terlalu berat, lakukan repetisi lebih banyak untuk membentuk otot.

Video Populer

Foto Populer