Sukses

5 Kebiasaan yang Lindungi Jantung Tetap Sehat

Lakukan lima kebiasaan berikut setiap hari untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Liputan6.com, New York- Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Kini penyakit jantung bukan hanya milik orang tua, tapi juga orang muda. Tak perlu menunggu tua untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya lakukan dari sedini mungkin.

Menjalankan gaya hidup sehat dan melakukan deteksi dini merupakan salah satu cara menjaga jantung sehat. Hal tersebut terbukti dalam studi yang dilakukan Nurse's Health Study.

Wanita yang tidak merokok dengan berat badan normal, rajin olahraga, diet sehat dan jarang minum minuman beralkohol sekitar 83 persen cenderung lebih rendah berisiko terkena serangan jantung atau pun meninggal karena penyakit jantung dibandingkan wanita lain. Sementara hasil pada pria hampir setara.

Nah berikut lima kebiasaan yang bisa dilakukan untuk melindungi jantung tetap sehat seperti dikutip laman Health Harvard Edu pada Selasa (2/8/2016).

1. Hindari merokok
Merokok maupun mengisap asap rokok amat buruk bagi kesehatan jantung dan arteri serta paru-paru. Dengan tidak merokok bisa membuat tubuh serta jantung lebih sehat.

2. Aktif bergerak
Melakukan olahraga dan bergerak aktif merupakan cara untuk menjauhkan dari penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Jenis kegiatan apa pun yang aktif itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Namun disarankan untuk berolahraga sekitar 30 menit per hari.

3. Jaga berat badan normal
Kelebihan berat badan, terutama kehadiran lemak di perut bisa membahayakan jantung Anda. Jika memang gemuk, menurunkan 5-10 persen dari berat badan awal bisa membuat perubahan pada tekanan darah dan gula darah.

4. Makan beragam makanan sehat
Sajikan makanan Anda layaknya pelangi dengan aneka makanan di dalamnya. Perbanyak buah dan sayur, biji-bijian, lemak sehat, dan protein sehat.

Lalu kurangi makanan olahan, garam, daging merah dan minuman soda atau minuman manis lain.

5. Batasi konsumsi alkohol
Jangan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Bagi pria, usahakan minum hanya satu atau dua gelas minuman beralkohol per hari. Sementara pada wanita sebaiknya konsumsi kurang dari satu gelas minuman alkohol sehari. Untuk menjaga kesehatan jantung, akan jauh lebih baik bila tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

  • Tips Sehat

Video Terkini