Sukses

Lezatnya Cokelat Hitam Bermanfaat bagi Jantung

Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam bantu sehatkan jantung.

Liputan6.com, New York- Cokelat merupakan makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Dari sekian banyak jenis cokelat, lebih baik mengonsumsi cokelat hitam . Studi mengungkap konsumsi cokelat hitam dalam porsi sedang tak menimbulkan masalah bagi jantung.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Heart, orang yang rutin mengonsumsi 200 gram cokelat hitam per minggu bisa meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian ini dilakukan pada orang paruh baya dan tua ras Kaukasoid sehingga tidak bisa diaplikasikan pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu, dewasa muda, anak-anak maupun etnis lain.

Dalam penelitian ini diketahui bahwa orang yang konsumsi cokelat hitam risiko terkena penyakit jantung koroner lebih rendah 12 persen. Lalu, lebih rendah 23 persen terkena stroke.

Menurut kardiolog dari Baylor Heart Hospital di Texas, Amerika Serikat, Sarah Smaan cokelat mengandung antioksidan. Kandungan tersebutlah yang mampu membantu menjaga sel-sel dari kerusakan seperti dikutip laman Health, Rabu (3/8/2016).

"Ada bukti  kandungan antioksidan dalam cokelat bernama flavonoid yang membuat cokelat jadi baik bagi kesehatan. Terutama cokelat hitam," kata dokter spesialis jantung dari Texas, Amerika Serikat, Sarah Samaan.

Namun ingat, tak ada jalan ajaib untuk mencegah penyakit jantung. Mengonsumi cokelat hitam hanyalah satu dari sekian cara mencegah penyakit jantung. Hal-hal lainnya untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan rajin berolahraga, makan seimbang, tidak stres, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini