Sukses

Tanda-Tanda Serangan Jantung pada Pria dan Wanita

Masalah jantung kerapkali terjadi secara diam-diam dan pada momen-momen tertentu yang tidak terduga.

Liputan6.com, Jakarta- Masalah kesehatan tidak boleh diabaikan begitu saja. Salah satunya yang patut diperhatikan adalah jantung. 

Jangan sampai kasus seperti yang dialami Mike Mohede terjadi lagi.

Ini karena masalah yang mengganggu jantung kerap terjadi secara diam-diam dan pada momen-momen tertentu yang tidak terpikirkan. Karena itu, mereka yang mengalaminya kesulitan untuk segera menanganinya.

Apabila serangan jantung atau infark miokardial tidak ditangani dengan cepat, konsekuensinya sangat fatal. Karena itu, sangat disarankan bagi mereka yang memiliki keturunan atau tengah terjangkit penyakit jantung memahami betul tanda-tandanya.

Mengenal tanda-tanda potensi serangan jantung sangat penting agar seseorang atau orang-orang di sekelilingnya dapat memberikan penanganan yang tepat dan efektif sebelum situasi memburuk.

Berikut tanda-tanda potensi serangan jantung pada pria dan wanita seperti dilansir dari situs resmi American Heart Association, Selasa (2/8/2016):

1. Ketidaknyamanan pada bagian dada seperti sesak atau merasa seolah bagian tubuh tersebut ditekan dalam waktu lebih dari satu menit.

2. Rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian atas tubuh lainnya, bisa apa pun di sekitar dada seperti leher, lengan, perut atas dan lainnya.

3. Napas pendek, baik saat sesak maupun saat tidak

4. Tubuh berkeringat seolah habis berolahraga

5. Suhu tubuh jatuh, sehingga seluruhnya terasa sangat dingin

6. Mual

7. Kepala pening

8. Rasa lelah yang tidak seperti biasanya

9. Rasa tidak nyaman pada perut

10. Tangan berkeringat

11. Kesulitan tidur

12. Detak jantung tidak beraturan


Ada pula tanda-tanda lainnya yang terlupakan namun perlu diperhatikan lebih jauh, seperti dilansir dari Daily Mail:

13. Kesulitan bercinta (organ reproduksi tidak berfungsi secara normal)

14. Suka mendengkur saat tidur

15. Gusi nyeri dan bengkak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung

  • Tips Sehat

Video Terkini