Sukses

Warna Urine dan Tinja Pengaruhi Kesehatan Anda

warna urine dapat mengindikasikan Anda sedang sehat atau tidak

Liputan6.com, Jakarta Biasanya ketika buang air kecil maupun besar, kita tidak pernah memperhatikan warnanya. Padahal, warna urine dapat mengindikasikan Anda sedang sehat atau tidak.

Memang, obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi warna air kencing. Namun warna yang normal seharusnya berwarna kuning jernih.

Jika kencing Anda terlihat seperti air putih, Anda mungkin minum lebih dari yang Anda butuhkan. Adapun kencing yang berwarna kuning gelap biasanya berarti Anda sedikit dehidrasi dan perlu minum lebih banyak air.

Jika sudah warna-warni seperti sirup, Anda butuh pemeriksaan medis, karena dapat disebabkan oleh dehidrasi ekstrem yang merupakan tanda dari penyakit hati seperti hepatitis dan sirosis, dimana bilirubin memenuhi urin.

Bilirubin adalah produk pemecahan sel darah merah--yang juga bertanggung jawab untuk warna cokelat yang normal pada tinja. Urine dapat berubah oranye terang atau kuning setelah konsumsi beta-karoten atau vitamin B, terutama riboflavin (vitamin B2) dalam dosis besar. Suplemen ini larut dalam air. Apa yang tubuh Anda tidak dapat gunakan atau serap akan disaring melalui ginjal dan menjadi air kencing.

Adapun obat termasuk phenazopyridine (untuk infeksi saluran kemih), rifampisin (antibiotik untuk mengobati TBC dan penyakit Legionnaire), warfarin (pengencer darah) dan beberapa obat pencahar juga dapat mengubah warna urine.

Jika urine Anda kelewat biru atau hijau, ikemungkinan besar karena pewarna makanan atau biru metilen digunakan dalam beberapa prosedur tes diagnostik dan beberapa obat.

Tapi berbagai obat-obatan juga dapat memicu urine biru atau hijau. Ini termasuk antihistamin, anti-inflamasi, antibakteri, antidepresan, beberapa obat mual atau orang-orang untuk mengurangi asam lambung.

Kondisi genetik langka penyakit Hartnup bisa menjadi penyebab urine berwarna biru-kehijauan.

Jika kencing berwarna ungu, petugas kesehatan biasanya akan mengecek sindrom "Urin Bag Purple"yang biasa terjadi pada pasien dengan kateter dan infeksi atau komplikasi. Kateter atau bag menjadikan urin ungu karena reaksi kimia antara produk pemecahan protein dalam urin dan plastik.

Kadang-kadang, kencing bisa berbusa. Ini adalah reaksi normal jika protein tinggi dan kencing keluar cepat. Hal ini lebih mungkin jika Anda mengkonsumsi bubuk protein atau suplemen protein. Kelebihan protein tidak dapat disimpan dalam tubuh sehingga komponen nitrogen (bertanggung jawab untuk buih) akan dihapus dan ginjal mengekskresikan sebagai urea.

Temui dokter Anda jika buihan tidak hilang atau memburuk, khawatirnya protein bocor ke urin, terutama jika Anda memiliki penyakit ginjal.

Bagaimana dengan tinja?

Seperti dimuat Livescience, warna tinja yang normal berwarna kuning. Jika berwarna hijau, ada kemungkinan kandungan empedu yang masuk, atau Anda telah mengonsumsi makanan dengan pewarna buatan.

Tinja yang berwarna kuning, berminyak dan bau merupakan sinyal buruk malabsorpsi makanan. Jika warna ini dikaitkan dengan penurunan berat badan pada orang dewasa atau pertumbuhan yang buruk pada anak, dokter akan mengira terjadi infeksi usus seperti giardia atau kondisi medis seperti penyakit celiac.

Tinja yang sangat pucat atau berwarna tanah liat dapat terjadi ketika mengambil beberapa obat anti-diare, atau ketika masalah pencernaan mempengaruhi hati, usus, pankreas atau kandung empedu.

Tinja yang hitam bisa menjadi masalah medis yang serius karena pendarahan di perut atau usus bagian atas. Atau bisa menjadi sebagai efek samping dari suplemen zat besi.

Tinja merah juga dapat menjadi masalah medis yang serius karena perdarahan di usus yang lebih rendah, atau dari wasir, atau tidak berbahaya jika telah mengonsumsi banyak pewarna makanan merah.

Jika Anda menemukan warna urine dan tinja Anda berbeda dari biasanya, padahal Anda tidak makan sesuatu yang tidak biasa, ambil gambar dan tunjukkan pada dokter untuk mencari tahu kondisi kesehatan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini