Sukses

Cara Kurangi Nyeri pada Payudara

Banyak faktor yang menyebabkan nyeri pada payudara di antaranya penggantian hormon, kista, mastitis, atau infeksi lokal, kehamilan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang menyebabkan nyeri pada payudara di antaranya terapi pengganti hormon, kista, mastitis, atau infeksi lokal, kehamilan, payudara besar, kanker payudara, dan konsumsi obat antidepresan. Bisa juga tanda bahwa periode haid sudah dekat.

Kadang-kadang sangat menyakitkan dan tak tertahankan hingga sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, kini ada kabar baik. Ada cara tertentu di mana wanita dapat menyingkirkan nyeri payudara secara alami.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi bahan makanan yang mengandung estrogen. Anda dapat melakukan dengan mengonsumsi makanan organik, tidak minum pil KB, menghindari produk susu, menghindari konsumsi kedelai, pestisida, dan paparan herbisida, serta makan biji rami.

Detoksifikasilah lever sesekali karena ini merupakan tempat utama untuk detoksifikasi estrogen. Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi kunyit, akar dandelion, artichoke, kubis brussel, collard, kale, brokoli, dan lain-lain, dilansir laman Boldsky, Senin (1/8/2016).

Peradangan menyebabkan pembengkakan, dan rasa sakit pada payudara. Anda dapat menyingkirkan hormon yang menyebabkan peradangan di payudara, dengan mengurangi protein hewani dalam diet. Makan lemak berkualitas baik, termasuk vitamin E.

Pastikan juga tidak kekurangan yodium dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan payudara mangalami fibrokistik (suatu kondisi medis yang ditandai dengan rasa nyeri dan benjol pada payudara). Jika kekurangan yodium, Anda bisa mengonsumsi rumput laut sebagai suplemen.

Teh, kopi, dan alkohol dapat meningkatkan nyeri pada payudara Anda. Sebaliknya, konsumsi air juga teh hijau. Itu tidak mengganggu kadar estrogen, dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.