Sukses

Selalu Lapar Setiap Saat? Inilah Alasannya

Liputan6.com, Jakarta- Salah satu penyebab meningkatnya nafsu makan biasanya karena rasa lelah dan keluarnya semua energi sehabis latihan keras di gym, hamil, atau sedang menstruasi. Namun, bagaimana jadinya kalau nafsu makan selalu tinggi tanpa penyebab-penyebab seperti di atas? Mungkin ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda.

“Rasa lapar adalah kebutuhan psikologis untuk asupan kalori, air, dan garam. Kebutuhan ini didorong oleh faktor yang bermacam-macam, termasuk diet, hormon nafsu makan, dan faktor-faktor emosional seperti stres,” ujar ahli gizi yang berbasis di kota Los Angeles, Maggie Moon. RD.

Mencari tahu apa yang menyebabkan Anda selalu merasa lapar sangat penting, karena rasa lapar yang berlebihan bisa menjadi suatu tanda masalah kesehatan fisik atau masalah mental. Dilansir dari Foxnews, Senin ( 1/7/2016) inilah beberapa alasannya:

1. Dehidrasi
“Dehidrasi ringan sering disalahartikan sebagai rasa lapar, ketika sebenarnya tubuh membutuhkan cairan. Kebingungan terjadi di bagian otak yang mengatur nafsu makan dan rasa haus,” kata juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, RD.

Ramsey menyarankan, untuk mencegahnya Anda harus menjaga asupan cairan tubuh, dimulai dengan segelas air putih di pagi hari. “Jika Anda merasa lapar dan Anda belum minum banyak air di hari tersebut, lebih baik coba minum segelas air dan tunggu 15 sampai 20 menit untuk melihat apakah rasa lapar reda,” ujarnya.

2. Kurang tidur
“Tidur yang terlalu sedikit dapat menyebabkan naiknya tingkat ghrelin, yaitu hormon yang merangsang nafsu makan dan menurunkan tingkat leptin yang menurunkan rasa kenyang,” ujar Ramsey.

Sehingga, sangat baik untuk tidur selama tujuh sampai delapan jam setiap malam agar tingkat energi naik dan hormon Anda kembali seperti semula.

1 dari 2 halaman

3. Stres

3. Stres
Saat Anda stres, hal ini akan membuat nafsu makan Anda menjadi tinggi karena sistem di dalam tubuh yang membutuhkan energi. Stres juga mengurangi kadar serotonin kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lapar, padahal sebenarnya tidak. Lebih baik lakukan yoga lebih sering atau dengarkan lagu-lagu favorit Anda di perjalanan pulang agar dapat menenangkan pikiran Anda.

4. Terlalu banyak alkohol
Sebuah studi kecil yang dirilis dalam jurnal Appetite menemukan bahwa setelah minum alkohol, seseorang cenderung mengonsumsi makanan tinggi kalori. Selain itu, karena alkohol juga membuat tubuh dehidrasi, hal ini dapat menipu tubuh untuk berpikir bahwa Anda lapar, padahal sebenarnya yang dibutuhkan adalah asupan air. Lebih baik kurangi minum alkohol sedikit mungkin jika Anda tidak mau terus menerus makan.

5. Anda perlu makan lebih banyak protein
Dengan memasukkan banyak makanan berprotein dalam piring makan Anda akan membuat rasa lapar menjauh. “Tidak hanya protein yang tinggal dalam perut dan membuat perasaan kenyang, namun sudah terbukti bahwa protein menekan efek nafsu makan,” katanya.

Lebih baik konsumsi setidaknya 46 gram protein per hari, seperti greek yoghurt, telur, daging tanpa lemak, dan biji-bijian. Untuk wanita antara 19 dan 70 gram protein per hari, sedangkan untuk pria adalah 56 gram per hari.

Video Populer

Foto Populer