Sukses

4 Masalah Jantung yang Sebabkan Kematian Mendadak

Kematian mendadak pada seseorang di bawah usia 40 tahun seperti yang dialami penyanyi Mike Mohede sering kali disebabkan cacat jantung

Liputan6.com, Jakarta Kematian mendadak pada seseorang di bawah usia 40 tahun seperti yang dialami penyanyi Mike Mohede sering kali disebabkan cacat jantung tersembunyi maupun kelainan jantung yang diabaikan. Sekitar dua pertiga penyebab kematian mendadak akibat masalah jantung pada penduduk di seluruh dunia disebabkan kelainan jantung.

Jika dirinci lebih detail, ada beberapa kondisi yang menyebabkan kematian mendadak pada orang muda yang berasal dari jantung. Berikut di antaranya seperti dikutip laman Mayo Clinic, Minggu (31/7/2016).

1. Hypertrophic cardiomyopathy (HCM)

Ini adalah suatu kondisi otot jantung yang memiliki ketebalan abnormal sehingga sulit bagi jantung untuk memompa darah. Bagi sebagian orang, HCM tak sebabkan hal yang fatal, tapi di sisi lain menjadi penyebab kematian mendadak pada orang di bawah
usia 30 tahun. Ini juga jadi penyebab kematian yang paling sering terjadi pada atlet.

2. Coronary artery abnormalities

Terkadang ada orang yang lahir dengan arteri jantung yang memiliki koneksi kurang normal. Hal ini bisa membuat arteri tertekan saat berolahraga dan mungkin tidak mampu mendukung aliran darah ke jantung.

3. Long QT syndrome

Kondisi ini merupakan gangguan irama jantung jadi lebih cepat. Perubahan detak jantung berpengaruh pada bagian lain di jantung yang menyebabkan seseorang pingsan. Seseorang dengan denyut jantung tak teratur seperti ini bisa mengancam jiwa.

4. Peradangan pada otot jantung

Penyebab lain kematian mendadak yang berawal dari jantung adalah peradangan pada otot jantung yang disebabkan karena virus atau penyakit lain.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini