Sukses

4 Penyebab Serangan Jantung Sasar Orang Muda Seperti Mike Mohede

Sebuah pesan singkat masuk ke telepon seluler memberitakan berpulangnya penyanyi bersuara lembut, Mike Mohede, di usianya ke-32 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pesan singkat masuk ke telepon seluler memberitakan berpulangnya penyanyi bersuara lembut Mike Mohede di usianya yang baru 32 tahun. Serangan jantung menghantarkan pemilik nama Michael Prabawa Mohede ini kembali ke Tuhannya. Jenazah saat ini masih disemayamkan di RS Premier Bintaro, Jakarta Selatan.

Melansir laman Texasheart, serangan jantung memang ternyata tak hanya melanda orang dewasa. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi serangan jantung terjadi pada orang muda, seperti:

1. Tekanan darah tinggi

Kurang dari tiga persen anak-anak di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi. Sayangnya kondisi tersebut sering tidak terdeteksi karena tak ada tanda gejala yang timbul. Anak yang lahir dengan riwayat keluarga yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah serangan jantung.

2. Obesitas

Obesitas juga dapat menjadi pemicu serangan jantung di usia muda. Mike Mohede pernah punya masalah dengan berat badannya. Bisa jadi ini salah satu yang bisa dijadikan petunjuk.

3. Riwayat Keluarga

Kematian akibat serangan jantung mendadak bisa berasal dari riwayat keluarga, yang biasanya tidak dijelaskan sebelum usia 50 tahun. Penting untuk memeriksakan terlebih dahulu kepada dokter, jika memiliki riwayat
keluarga dengan penyakit jantung.

4. Perubahan gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti makan berlebihan, merokok juga dapat memengaruhi tekanan darah yang memicu serangan jantung. Penting untuk membiasakan diri hidup sehat dengan membatasi garam, gula dan lemak. Terlebih lagi, menjauhkan nikotin dalam rokok yang mampu menyebabkan pembuluh darah menyempit, dan memicu serangan jantung mendadak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini