Sukses

Sering Sakit Saat Kecil, Apa Pengaruhnya Bila Sudah Besar?

Paparan infeksi saat kecil menurut penelitian dari Inggris tidak terkait dengan risiko kematian dini ataupun masalah reproduksi.

Liputan6.com, New Delhi - Saat kecil anak-anak dengan mudahnya terserang berbagai penyakit seperti batuk-batuk, cacar maupun campak. Muncul ketakutan orangtua apakah hal tersebut bisa berdampak pada kesehatannya saat dewasa atau tidak. Tapi ternyata paparan infeksi yang sering tersebut ternyata tidak terkait dengan risiko kematian dini ataupun masalah reproduksi saat anak besar nanti.

"Berdasarkan analisis kami tidak ada kaitan antara hubungan paparan penyakit di masa anak-anak dengan risiko kematian dini," kata peneliti dari University of Stirling, Inggris, Adam Hayward.

Selain itu tidak ditemukan juga hubungan antara sering sakit saat kecil dengan risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, maupun kanker. Kabar baik lainnya, mereka yang sering sakit saat kecil tidak mempengaruhi sistem reproduksi seperti dikutip laman Times of India, Senin (1/8/2016).

Peneliti menduga hal tersebut terkait dengan semakin baiknya fasilitas kesehatan dan diet sehat seiring bertambahnya usia anak. 

Data ini didapatkan lewat penelitian terhadap 7.283 pria dan wanita yang lahir di 1751 dan 1850. Catatan kesehatan mereka dianalisis mulai dari paparan penyakit saat kecil, angka kematian dini dari penyakit kardiovaskular, dan kesuburan.

Hasil penelitian di atas berbeda dengan penelitian sebelumnya bahwa penyakit yang sering terjadi pada anak-anak menyebabkan peradangan dalam jangka waktu lama. Menurut studi ini meningkatkan risiko penyakit jantung pada usia dewasa dan terkait kematian dini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.