Sukses

Minum ASI, Bayi Prematur Lebih Cerdas

Bayi prematur yang diberikan ASI terutama selama satu bulan pertama kehidupannya memiliki kecerdasan intelektual (IQ) lebih baik.

Liputan6.com, New Delhi - Kehebatan Air Susu Ibu (ASI) tak terbantahkan. Sebuah studi ungkap bayi prematur yang diberikan ASI terutama selama satu bulan pertama kehidupannya bisa meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ).

Studi ini melibatkan 180 bayi prematur yang dipantau sejak lahir hingga berusia tujuh tahun. Ternyata bayi yang minum ASI dalam 28 hari pertama kehidupan memiliki volume otak pada bagian yang terkait dengan IQ, prestasi akademik, dan memori kerja lebih besar.

Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan penghitungan volume otak menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) secara berjangka pada bayi hingga ia usianya tujuh tahun.

"Data kami mendukung rekomendasi pemberian ASI untuk menyusui anaknya yang permatur selama berada di NICU rumah sakit," kata peneliti dari Brigham and Women's Hospital, Amerika Serikat, Mandy Brown Belfort.

Menurut Belfort, seperti dikutip laman Times of India pada Senin (1/8/2016), hasil penelitian ini penting juga diketahui tak cuma oleh ibu tapi juga rumah sakit, petugas medis serta keluarga dan teman-teman. Sehingga mereka bisa memberikan dukungan pada ibu yang sedang menjalani pemulihan pasca-melahirkan.

Adanya dukungan terhadap ibu, akan membantu produksi ASI terus lancar sehingga pasokan bagi bayi prematur terus ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini