Sukses

Bayi Lahir dengan Usus dan Kandung Kemih di Luar Tubuh

Dokter terpaksa membungkus organ tubuh Jack Hearne dengan plastik wrap untuk menghentikan kemungkinan infeksi.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bayi yang beruntung hidup, setelah lahir dengan usus, dan kandung kemih di luar tubuhnya. Dan dokter pun terpaksa membungkus organ tubuh Jack Hearne dengan plastik wrap untuk menghentikan kemungkinan infeksi, dan menyelamatkan hidupnya.

Jack lahir dengan cacat yang langka disebut gastroschisis, yang berarti lahir dengan dua organ vital di luar perutnya. Setelah empat bulan, akhirnya Jack pulang dengan orangtuanya, Orla dan Brian, serta kakaknya, Ella, di Waterfold, Irlandia, dilansir laman Dailymail, Minggu (31/7/2016).

"Kami diberitahu pada setelah 20 minggu kehamilan kalau Jack menderita gastroschisis, dan aku langsung menangis, takut, dan tidak tahu apa yang diharapkan. Begitu mendengar dia menangis aku sangat lega. Tim dokter dengan cepat membungkus perutnya dengan plastik wrap, dan langsung dibawa ke perawatan intensif sebelum operasi," ujar sang ibu, Nyonya Hearne.

Sang ibu bersyukur ahli bedah mampu memasukkan semua organ-organ ke dalam tubuhnya, dan membuat bekas lukanya menjadi tombol kecil di perut.

"Aku takut kalau tidak pernah bertemu lagi, tapi untungnya operasi benar-benar sukses. Jack telah membuat pemulihan yang luar biasa, dan kami semua sangat bersyukur akhirnya bisa membawanya pulang," lanjutnya.

Tim dokter anak cepat membungkus organ Jack dengan plastik wrap sebelum ibunya menggendong. Beberapa jam kemudian, Jack menjalani operasi pertamanya di mana dokter bedah mampu menempatkan dua per tiga dari organ-organ tubuhnya kembali ke perut.

Keesokan harinya, mereka melakukan operasi kedua untuk memasukkan sisa organ tubuh lainnya ke dalam perut. Orangtua Jack diberitahu kalau anak mereka berada di rumah sakit akan lama, sekitar tiga bulan. Tapi setelah empat minggu mereka sudah bisa membawanya pulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.