Sukses

Atlet Olimpiade Pakai Pita Kinesiologi, Apa Maksudnya?

Olimpiade 2016 segera dimulai. Ada banyak atlet berlaga di sana yang menjadi pusat perhatian karena prestasi mereka.

Liputan6.com, Jakarta Olimpiade 2016 segera dimulai. Ada banyak atlet berlaga di sana yang menjadi pusat perhatian karena prestasi mereka. Tapi pada 2008, dan 2012 lalu penggemar bukan saja tertarik saat idolanya berlaga di cabang olahraga yang digelutinya, tapi juga pita warna-warni khusus yang menempel pada tubuh mereka, yang disebut pita kinesiologi atau rekaman Kinesio.

Apa itu rekaman Kinesio

Ada beberapa versi berbeda dari makna pita warna cerah yang merekat pada tubuh para atlet. Rupanya Kinesio Tape Tex dikembangkan oleh chiropractor Jepang pada 1979. Dan kini, KT Tape merupakan lisensi resmi rekaman kinesiologi tim USA, dilansir laman Techinsider, ditulis Minggu (31/7/2016).

Situs Kinesio mengatakan rekaman mereka itu dapat meredakan ketidaknyamanan dan memfasilitasi drainase limfatik oleh mikroskopis mengangkat kulit. "Hal itu dapat diaplikasikan di atas otot untuk mengurangi rasa sakit, dan peradangan, mengendurkan otot berlebihan atau lelah, serta otot dukungan dalam gerakan selama 24 jam sehari."

Rekaman Kinesio dipakai para atlet untuk meredakan peradangan

Menurut situs KT Tape, perekat dipakai untuk memberikan dukungan eksternal ringan yang membantu Anda tetap aktif sementara tengah masa pemulihan dari cedera. KT Tape menciptakan umpan balik neuromuskuler (proprioception) yang menghambat atau memfasilitasi pembakaran kuat dari otot dan tendon.

Apakah rekaman Kinesio Bekerja?

Banyak atlet mungkin sesekali mengandalkan rekaman untuk dukungan atau membatasi gerakan tertentu. Tetapi adakah sesuatu yang khusus tentang rekaman Kinesio?

Hal ini sulit dijelaskan, karena sebagian besar penelitian belum menemukan manfaat yang signifikan untuk menggunakan rekaman tersebut.

Beberapa ulasan tentang studi yang menganalisa penggunaan klinis dari rekaman Kinesio untuk orang dengan kondisi muskuloskeletal tidak menemukan bukti kalau bisa membantu pasien.

Jadi untuk orang-orang dengan kondisi kronis yang membutuhkan pengobatan (biasanya bukan atlet Olimpiade), rekaman itu tidak berbuat banyak.

Namun satu review di British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa rekaman Kinesio lebih tinggi minimal intervensi untuk menghilangkan rasa sakit. Penelitian lain menemukan bahwa rekaman tersebut berpotensi meningkatkan jangkauan gerak.

Banyak atlet yang menyukai perekam ini. Selain atlet Olimpiade, Lance Amstrong dan David Beckham juga menggunakannya selama karier mereka di bidang olahraga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini