Sukses

Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Terkena Diabetes

Liputan6.com, Bogor Diabetes merupakan penyakit tidak menular yang semakin tinggi kasusnya, termasuk di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa wanita lebih rentan terkena diabetes dibanding pria?

Menurut tim ahli program PDCI, DR. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD, sebagian besar perempuan Indonesia tidak bekerja alias ibu rumah tangga yang berisiko mengidap diabetes tipe 2.

"Wanita yang berada di rumah setiap hari, aktivitas fisiknya relatif tidak sebanyak seperti pria yang bekerja," ujarnya di sela-sela acara Partnership in Diabetes Control di Indonesia (PDCI) di Hotel Icon, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2016).

Selain itu, pada wanita, ada kecenderungan faktor hormonal yang mempengaruhi risiko diabetes. 

"Hormonal itu ketika wanita menopause, produksi estrogen yang bersifat melindungi pembuluh darah dalam tubuh berkurang sehingga masalah kesehatan seperti diabetes dan hipertensi dapat terjadi," tambahnya.

Untuk mencegah diabetes, Yunir menyarankan, agar wanita khususnya ibu rumah tangga lebih sering melakukan aktivitas fisik atau mencari kegiatan yang membuat tubuh lebih banyak bergerak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.