Sukses

Astronot Berisiko Menderita Sakit Jantung

Para ilmuwan menemukan, seorang astronot juga berisiko sakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Bila selama ini kita tahu, risiko tinggi penyakit jantung terjadi pada pria di atas 40 tahun, memiliki riwayat keluarga berpenyakit jantung, serta pola hidup yang kurang sehat, sebuah penelitian baru menunjukkan hal menarik.

Para ilmuwan menemukan, seorang astronot juga berisiko sakit jantung. Hal ini berkaitan dengan perbedaan ruang lingkup.

"Jika seorang astronot melewati magnetosphere, lapisan yang melindungi Bumi dari radiasi luar angkasa, maka astronot tersebut cenderung mudah terkena radiasi yang berdampak buruk pada kesehatan jantung," kata peneliti, seperti dikutip Livescience, Jumat (29/7/2016).

Dalam sebuah penelitian, astronot yang pernah ke luar angkasa, minimal ke bulan, seperti Apollo lebih berisiko meninggal akibat serangan jantung ketimbang astronot yang mengorbit dalam Bumi.

Para peneliti juga melakukan eksperimen terhadap tikus yang diberikan jenis radiasi yang sama. Hasilnya, radiasi ruang angkasa juga bisa merusak pembuluh darah.

Kerusakan pembuluh dapat menyebabkan kondisi yang disebut aterosklerosis, penyakit yang terjadi ketika massa padat yang disebut plak menumpuk di arteri tubuh. Ketika ini terjadi, seseorang berisiko mengalami serangan jantung atau stroke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini