Sukses

Hebatnya Kentut, Bisa Atasi Kembung hingga Tanda Penyakit

Kentut merupakan gas yang dikeluarkan tubuh secara alami. Terkadang mengeluarkan bunyi bisa juga senyap, tapi kentut punya banyak manfaat.

Liputan6.com, New York- "Duuut..." kentut bisa berbunyi tapi bisa juga senyap. Namun ketika bunyi kentut terdengar biasanya ada rasa malu yang muncul. Gas ini memang lekat sekali dipandang sebagai hal jorok. Padahal semua orang mengalami hal tersebut setiap hari dan merupakan proses alami pada tubuh. 

Kentut merupakan gas yang dikeluarkan tubuh secara alami. Gas yang dikeluarkan ini merupakan bagian penting dan normal hasil mencerna makanan. Pada saat usus memecah-mecah makanan menjadi nutrisi, ada sejumlah gas yang dihasilkan lalu dikeluarkan menjadi kentut seperti dikutip laman WebMD. 

Jika tidak kentut, malah perlu dikhawatirkan. Nah, berikut manfaat luar biasa kentut bagi tubuh seperti dikutip laman Huffington Post, Jumat (29/7/2016).

1. Mengurangi kembung

Jika Anda merasa kembung setelah makan besar, bisa jadi disebabkan karena ada gas di dalamnya. Pada saat kentut, itu cara gas yang ada dalam perut untuk keluar. Jika sudah kentut, rasa tidak nyaman di perut pun berkurang.

2. Bagus bagi kesehatan usus

Ketika rasa kentut datang, ada baiknya tidak ditahan. Terlebih jika Anda memiliki masalah pencernaan, menahan kentut malah berpotensi timbulkan masalah baru pada usus. Namun, pilih tempat jauh dari banyak orang ya saat kentut.

3. Jadi penanda awal masalah kesehatan usus

Kentut bisa menjadi pertanda awal dari masalah kesehatan serius di perut. Bila aroma kentut amat bau, frekuensi kentut meningkat, dan keganjilan aneh lain saat kentut hal ini bisa jadi tanda awal intoleransi laktosa bahkan hingga kanker usus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penunjuk makan agar makan lebih sehat

4. Bau kentut bermanfaat

Bau kentut mungkin seperti telur busuk, tapi studi dari University of Exeter di Inggris mengungkapkan aroma menyengat dari kentut ternyata bisa membantu meringankan berbagai penyakit, seperti kanker, jantung, artritis dan demensia.

Gas hidrogen sulfida dari kentut dihasilkan makanan yang dipecahkan oleh bakteri. "Gas hidrogen sulfida dalam dosis tinggi sebenarnya  mematikan. Namun dalam kentut, dosisnya rendah dan malah bisa menyehatkan," kata pemimpin penelitian Mark Wood.

5. Penunjuk untuk makan sehat

Kentut bisa menjadi penunjuk hebat agar Anda makan sehat. Bila Anda jarang buang gas, ini bisa jadi tanda kurang serat seperti lentil, kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

Lalu, jika terlalu banyak makan daging merah akan menyebabkan bau kentut tak sedap. Ini artinya Anda selanjutnya mengurangi asupan konsumsi makanan tersebut.

6. Lega

Jika saat Anda sendirian dan melepaskan kentut rasanya amat melegakan. Tapi bila menahan kentut itu bisa membuat suasana hati jadi tidak bagus seperti mudah marah, tidak sabar, dan pastinya tidak nyaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini